home news guestbook contact
Selasa, 24 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Guru Garis Depan Terima SK CPNS

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 4 October 2017, 10:57 am


KETAPANG – Wakil Bupati Ketapang, Drs H.Suprapto S menyerahkan Surat Keputusan Bupati Ketapang tentang Pengangkatan CPNS dari Program Guru Garis Depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI kepada 461 GGD di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (3/10) pagi.

Para Guru Garis Depan yang ditempatkan di wilayah Kabupaten Ketapang merupakan yang terbanyak jumlahnya di Indonesia.Usai mendapatkan pengarahan dari Wakil Bupati Ketapang dan pembagian SK CPNS selanjutnya para Guru Garis Depan mendapatkan arahan lebih lanjut di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ketapang, Jalan KH Agus Salim.
Arahan dan penyampaian SK CPNS untuk Guru Garis Depan disaksikan juga Asisten III Setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ketapang, Repalianto S.Sos, M.Si dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang, Drs Henrikus Jahilin M.Pd. Penyerahan SK CPNS dilakukan secara simbolis oleh Wabup Ketapang kepada dua perwakilan Guru Garis Depan.
Wakil Bupati Ketapang mengatakan Pengangkatan Guru Garis Depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan kebijakan nasional (Pemerintah Pusat) dan merupakan Nawa Cita dari Presiden Joko Widodo dalam rangka memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan Khususnya di daerah terpencil atau yang masih kekurangan tenaga pendidik. Untuk wilayah
Kabupaten Ketapang, semula terdapat 506 peserta dari Program Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi ada sebanyak 461 orang CPNS dari Program GGD yang telah mendapat penetapan NIP dari Badan Kepegawaian Negara dan ada sebanyak 34 orang CPNS dari program GGD yang mengundurkan diri dengan alasan pribadi. “Serta masih terdapat 11 orang CPNS dari Program GGD yang belum mendapatkan penetapan NIP dri Badan Kepegawaian Negara,” tegas Wakil Bupati Ketapang, Drs H. Suprapto S.
Lebih lanjut, Wakil Bupati Ketapang menyampaikan dengan telah diangkatnya
461 orang CPNS tersebut akan diberikan masa percobaan selama 1 tahun. Karena itu belum ada jaminan pasti akan diangkat menjadi PNS. Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak menunjukkan disiplin dan kinerja yang baik, maka pemerintah daerah tidak segan-segan untuk memberhentikan CPNS tersebut.
“Sebenarnya saudara-saudara sangat beruntung bisa diangkat menjadi Guru Garis Depan, sebab di wilayah Kabupaten Ketapang masih banyak guru yang masa pengabdiannya lebih dari enam tahun saja masih belum diangkat menjadi CPNS, padahal Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah mengajukan ke pemerintah pusat, akan tetapi masih belum disetujui,” cetusnya.
Selin itu, Wakil Bupati Ketapang juga mengingatkan dalam bekerja seluruh PNS termasuk pra CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang harus mengetahui dan menjalankan visi dan misi Bupati dan Wakil BUpati Ketapang. Karena visi misi inilah yang merupakan panduan dan pedoman dalam bekerja. Jika kita tidak menjalankan apalagi tidak mengetahui apa yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati, sama saja kita tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas dalam bekerja. “Sehingga kita tidak tahu apa yang kita perbuat dan lakukan karena tidak mengetahui apa yang menjadi kebijakan dan arah pemerintah Kabupaten Ketapang yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Ketapang,” paparnya.
Wakil Bupati Ketapang memaparkan visi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021 adalah “Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Yang Sejahtera”. Sedangkan ada 6 (enam) hal yang menjadi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang adalah melaksanakan kepemerintahan yang baik, meningkatkan infrastruktur daerah, meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan meningkatkan pengelolan dan pemanfaaatan sumber daya alam di Kabupaten Ketapang. Wakil Bupati Ketapang berharap para Guru Garis Depan dapat mensyukuri dengan dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya secara professional dan baik dalam mengabdikan diri kepada Negara, khususnya Pemerintah Kabupaten Ketapang demi. suksesnya pembangunan di bidang pendidikan maupun bidang-bidang lainnya. Apalagi para guru Garis Depan berasal dari daerah yang berbeda-beda maka segera beradaptasi dengan lingkungan tempat bertugas yang baru. Karena itu, diarahkan jangan segan-segan meminta arahan kepada yang lebih senior. Begitu juga melakukan kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak lain untuk memperlancar dan menyukseskan program kerja. “Teruslah belajar karena dengan senantiasa belajar maka segla tugas yang kita emban akan semakin ringan, dengan belajar akan dapat menjawab segala tantangan yang kita hadapi secara baik,” katanya panjang lebar termasuk menceritakan pengalaman pribadi selama bertugas di pedalaman.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007