home news guestbook contact
Selasa, 24 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TMMD ke 100 Dipusatkan di Desa Kedondong

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 28 September 2017, 2:00 pm


Kendawangan, Tentara Manunggal membangun Desa (TMMD) ke 100, yang dilaksanakan oleh Kodim 1203 Ketapang, pelaksanaannya dipusatkan di desa Kedondong Kecamatan Kendawangan Ketapang.

Kegiatan TMMD dimulai dengan Apel bersama yang dipimpin langsung Bupati Martin Rantan SH, bersama Dandim 1203 Ketapang, Letkol (Inf) Riko Hariyanto, Asisten II Setda Farhan.SE.M.Si kepala SKPD, Camat Kendawangan, Ormas, dan masyarakat berlangsung dilapangan sepak bola Desa Kedondong, Kecamatan Kendawangan Ketapang. Rabu (27/9).
TMMD dilaksanakan selama sebulan mulai tanggal 27 September sampai dengan tanggal 26 Oktober 2017, Kodim 1203 Ketapang mengerahkan personil terdiri dari pasukan TNI AD sebanyak 117 orang, TNI AL 3 orang personil, Polri sebanyak 5 orang personil ditambah para penyuluh 25 orang serta melibatkan 100 orang warga masyarakat setempat.
adapun sasaran yang dikerjakan terdiri dari kegiatan fisik jalan rabat beton,Jalan Desa jembatan serta pembangunan fasilitas rumah ibadah Greja dan Masjid,
sementara kegiatan non fisik juga tidak lepas dari sasaran kegiatan TMMD seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, dan bela negara, penyluhanpertanian perkebunan penyuluhan keurukan umat beragama, pelayanan kesehatan serta layanan sunatan massal.
Dandim 1203 Ketapang, Letkol (Inf) Riko Hariyanto mengatakan kegiatan TMMD ini merupakan program dari Markas Besar (Mabes) TNI untuk di Kalimantan Barat TMMD digelar di dua Kodim.
“Untuk di Kalbar ada dua Kodim yang melaksanakan TMMD ke-100 ini, Kodim 1205 Sintang dan Kodim 1203 Ketapang yang pelaksanaannya di Desa Kedondong, Kecamatan Kendawangan,” kata Dandim.
Dia menjelaskan tujuan TMMD ini meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat serta dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa disamping untuk mempercepat pembangunan daerah khususnya di desa yang menjadi lokasi TMMD.
“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan emosional kita, Pemda serta masyarakat dan membangkitkan kembali semangat gotong royong yang merupakan tradisi masyarakat serta budaya bangsa Indonesia,” harapnya.
Dandim menerangkan, untuk semakin menumbuhkan ikatan emosional dan kedekatan antara TNI dengan masyarakat setempat, selama pelaksanaan TMMD ini sendiri, pihaknya akan tinggal di rumah-rumah warga Desa Kedondong selama satu bulan.
Dandim menjelaskan, TMMD merupakan wadah untuk membaur bersama masyarakat, para personil akan menginap kerumah-rumah warga, untuk biaya makan diberi ke rumah tempat prajurit menginap.
“ini agar dapat terbentuk keluarga asuh jadi tiap keluarga yang terdapat prajurit tinggal memiliki anak asuh yakni prajurit tersebut,” terangnya


Bupati Ketapang Martin Rantan SH memberikan apresiasi atas pelaksanaan TMMD ke 100 di desa Kedondonag Kecamatan Kendawangan.
“ Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah berpartisipasi membantu Pemerintah Kabupaten membangun desa dengan TNI manunggal atau menyatukan diri dengan masyarakat “ ucapnya.
Karena menurut Bupati yang mana hasil dari pembangunan TMMD ini akan diserahkankembali kepada Pemerintah Daerah khususnya di desa Kendondong ini, untuk selanjutnya merupakan aset daerah.
“ harapan kita setiap tahun dilakukan dengan seoptimal mungkin dianggarkan untuk penyelenggaraan kegiatan ini “ kata Bupati.
Sementara itu untuk akses jalan dari Sei Gantang - Kelampai yang kondisinya masih jalan tanah di tegaskan Bupati secara bertahap setiap tahun akan dianggarkan pembangunnya hal ini karena kemampuan keuangan daerah yang sangat terbatas.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007