home news guestbook contact
Selasa, 24 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Surveyor KARS Kunjungi RSU Agoesdjam Ketapang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 27 September 2017, 6:47 pm


KETAPANG -- Surveyor komisi Akreditasi rumah sakit (KARS) mengunjungi Rumah Sakit Umum (RSU) Agoesdjam Ketapang, (27/9). Kunjungan Dr Ida Winarti Retno Daradjati Sp, OG disambut Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Drs H.M.Mansyur M.Si, bersama asisten III Setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME dan Direktur RSU Agoesdjam Ketapang, Rusdi Efendi.

Diketahui survey yang dalam memantau kinerja RSU Agoesdjam Ketapang sebagaimana rekomendasi-rekomendasi yang pernah disampaikan tahun lalu sesuai Instrument Standart Akreditasi Rumah Sakit versi tahun 2012. Surveyor memantau langsung Manajemen dan perlengkapan SDM, Pelayanan kesehatan, Keselamatan pasien, Pencegahan dan penanggulangan infeksi serta Hak dan kewajiban pasien yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan.
Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang menyebutkan Pemkab Ketapang sangat mendukung kegiatan ini, karena sesuai dengan UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit bahwa seluruh rumah sakit harus terakreditasi. Dengan begitu rumah sakit bekerja dengan standar yang sudah ditentukan perundang -undangan. Ia juga berharap dalam survey yang dilakukan dapat berlangsung lancar. RSU Agoesdjam yang saat ini sudah terakreditasi empat bintang, mudah-mudahan kedepan bisa meningkatkan instrumen penilaian sehingga penilaiannya paripurna lima bintang. Harapan Sekda Ketapang pelayanan RSU bertambah maju dari segi kualitas dan pelayanannya.
Sementara itu surveyor Akreditasi Versi 2012 dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS),Dr Ida Winarti Retno Daradjati Sp, OG menyebutkan Dr Ida Winarti Retno Daradjati Sp, OG, survey dilakukan tujuannya untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan yang berkesinambungan. Walaupun dalam survey sebuah rumah sakit sudah mendapatkan akreditasi lima bintang atau paripurna, maka bukan berarti pelayanan tersebut dapat dikatakan sempurna. Sebab dalam memberikan pelayanan, manusia tidak luput dari sebuah kesalahan.
Sertifikasi akreditasi disebutkannya berlaku untuk tiga tahun. Akreditasi versi 2007 berbeda dengan akreditasi versi 2012. Akreditasi ini tujuannya agar dalam pelayanan selalu ada perbaikan mutu, jika lulus akreditasi maka akan berlanjut pada tahap kedua dan seterusnya, dimana instrumen penilaiannya akan berbeda dari penilaian sebelumnya. "Kami melihat rekomendasi tahun lalu sudah dilaksnakana, Tadi saya lihat ada pembangunan, mudah-mudahan tahun depan kalau sudah disurvey bisa mencapai b penilaian paripurna yaitu bintang lima" ujar Dr Ida Winarti Retno Daradjati Sp, OG.
Ia juga mengingatkan sesuai UU rumah sakit, perlunya untuk diperhatikan tiga pilar. Ketiga pilar itu, adalah dewan pengawas yakni stakeholder terkait, pihak Direksi dalam hal ini manajemen direksi dan komite medis. "Ketiga pilar ini harus kuat jika kita menginginkan rumah sakit berkembang dalam pelayanannya," tuntasnya.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007