home news guestbook contact
Selasa, 24 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

243 Jamaah Haji Tiba Di Ketapang

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 25 September 2017, 1:29 pm


Ketapang, Wakil Bupati Ketapang Drs H Suprapto bersama dengan 242 jamaah haji asal kabupaten Kabupaten Ketapang, pada Senin pagi, (25/9) tiba kembali di Kabupaten Ketapang, dalam kondisi sehat.

Bupati Martin Rantan.SH ikut menyambut kedatangan jamaah haji Ketapang di Masjid Agung Al Ikhlas Ketapang setelah para tamu Allah tersebut melaksanakan rangkaian ibadah haji selama 40 hari di tanah suci Mekah.
Sementara itu dirumah Dinas Jabatan Wakil Bupati Ketapang, kedatangan Wabup Drs H Suprapto S telah ditunggu keluarga besar para jamaah Subuh keliling, Kepala SKPD, tokoh masyarakat untuk memberikan ucapan salam dan selamat kepada orang nomor dua di Ketapang tersebut.
Hadir Bupati Martin Rantan SH, bersama Waka Polres Kompol Reza Simanjuntak, Sekda Drs. H.M.Mansyur M.Si. Asisten I Donatus Franseda, AP, MM, Asisten II H.M Farhan SE, M.Si dan Asisten III Drs Heronimus Tanam ME.
Wabup Drs H Suprapto memaparkan bahwa jamaah haji Ketapang berangkat lengkap kembali lengkap hanya satu orang jamah dari sei kinjil ibu Amnah karena uzur usia lanjut tidak bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dan hanya diwakilkan.
Menurut Wabup dalam melaksanakan ibadah haji sangat diharapkan toleransi yang tinggi sesama jamaah kalau tidak bisa menjaga emosi karena pada waktu yang sama jutaan orang yang berkumpul dengan karakter yang berbeda.
Wabup mencontohkan beberapa kejadian yang tidak mengenakan dalam melaksanakan ibadah haji, seperti dalam hal pelaksanaan ibadah misalnya karena saking banyaknya ummat yang berkumpul sehingga ketika kita sedang sholat saja ada yang lewat melangkahi orang.
Hal yang tidak pernah terjadi di Indonesia, dimana saat kita sujud ada orang India yang melompati kita nunggu dia lewat baru bisa bangun sujud, nah kejadian macam itu kalau tidak ada toleransi maka tiap hari akan berkelahi kata Wabup.
Hikmah yang dapat diambil menurut Wabup adalah sebuah toleransi sesama umat dimana selama 40 hari jamaah dituntut toleransi yang sangat tinggi, karena semua terfokus pada ibadah kepada Allah.
Wabup berharap demikian juga dengan hidup bermasyarakat di Ketapang ini dengan rasa toleransi yang tinggi antar sesama masyarakat suku bangsa yang ada di Ketapang ini karena Ketapang adalah rumah kita perlu kita jaga kerukunan antar umat beragama.
Wabup Drs H Suprapto menghimbau kepada seluruh umat muslim yang mampu, agar melaksanakan ibadah haji, atau paling tidak umrah karena ibadah haji merupakan perjalanan spriritual yang sangat bermanfaat dapat diambil hikmahnya untuk kehidupan mendatang.
Wabup juga sempat membawa oleh oleh berupa air zam zam untuk para uandangan yang hadir, menurut Wabup air zam zam air yang tak pernah habis meski setiap tahunnya jutaan kaum muslimin berduyun-duyun mendatangi Makkah untuk beribadah haji dan umroh dan tidak terbayangkan berapa ratus juta liter air zamzam yang sudah diambil oleh mereka tetapi sumur air zam zam tidak pernah kering.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007