home news guestbook contact
Minggu, 20 Agustus 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Launching Penyaluran Bantuan Non Tunai PKH di Simpang Hulu

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 9 August 2017, 1:58 pm


SIMPANG HULU – Bupati Ketapang melaunching penyaluran bantuan non tunai Program keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Simpang Hulu dan Kecamatan Simpang Dua, Selasa (8/8) di Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu. Launching Penyaluran Non Tunai Program Keluarga Harapan bersamaan juga dengan pencanangan KB Kes Terpadu Tingkat Kabupaten Ketapang Tahun 2017. Pada moment tersebut juga disampaikan penyaluran bantuan untuk pembangunan Gereja dan masjid di Kecamatan Simpang Hulu dan Kecamatan Simpang Dua, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan tugu Keluarga Berencana.

“Saya hanya menegaskan apa yang sudah dikatakan Dandim Ketapang, kegiatan yang dilaksankaan TNI sangat membantu pemerintah, seperti program KB Ini tujuannya bagaimana kelurga bisa sejahtera, dari program KB ini selanjutnya program keluarga harapan, sesuai pesan Presiden bahwa dana PKH ini jangan dibelikan rokok atau pulsa,” tegas Bupati Ketapang., Martin Rantan SH.
Ia mengingatkan kepada penerima program Keluarga Harapan agar dana yang disalurkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan gizi balita, biaya anak-anak sekolah dan kegiatan yang produktif dalam mensejahterakan masyarakat. Lebih lanjut dikatakannya, Program KB dan pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi harus dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat bawah untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Dengan adanya kampung KB ini, ia berharap manfaat dan program KB dapat dirasakan langsung masyarakat.
Pada kesempatan yang sama Dandim 1203 Ketapang Letkol (inf) Riko Haryanto bahwa adanya program keluarga harapan maupun pencanangan kampung KB TNI Manunggal Kesehatan Kabupaten Ketapang tujuannya adalah untuk memakmurkan masyarakat. Program ini terintegrasi dengan proram yang lain, maka pada tahun depan TNI akan merencanakan TMMD juga dilakukan pada kampung KB.
Dalam arahan Dandim 1203 Ketapang, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak terjebak dengan narkoba. Demikian juga jangan mengikuti faham yang inteloransi maupun terjebak pada seks bebas. Ia berharap apa yang dilakukan pemerintah dapat didukung oleh masyarakat. Karena tujuan program dan kegiatan yang dilakukan pemerintah, prinsipnya adalah untuk kepentingan masyarakat banyak.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang Rustami SKM, M.Kes menyebutkan momentum di Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu ini merupakan moment yang baik, dimana masyarakat Simpang Dua dan Simpang Hulu akan menerima manfaat dari program keluarga harapan yang akan dilaunching BUpati Ketapang. Ia mengingatkan sebagaimana disampaikan Presiden RI melalui Menteri Sosial RI yang datang ke Ketapang, agar dana PKH yang diterima jangan sampai digunakan untuk membeli rokok dan pulsa. Tapi dimanfaatkan untuk perbaikan gizi balita maupun unutk keperluan anak-anak sekolah. Selain launching program keluraga harapan, moment yang baik itu juga sekaligus dilakukannya pencanangan kampung KB. Dijelaskan Kepala Dinas sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ketaoang bahwa kampung KB adalah program yang terintegrasi. Sebagaimana harapan Presiden RI bahwa pada tahun 2016 sudah dicanangkan 1 Kabupaten ada 1 kampung KB. Kemudian pada tahun 2017 satu kecamatan ada satu kampung KB. Selanjutnya pada tahun 2018 separo dari daerah yang tertinggal menjadi kampung KB. Kemudian pada tahun 2019 seluruh desa tertinggal akan menjadi Kampung KB. Karena itu, dengan adanya kampung KB, maka diharapkan SKPD akan mengintegrasikan rencana pembangunan pada Kampung KB. “Karena itu, hal ini menjadi moment untuk meningkatkan keejahteraan masyarakat, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang,” tegas Rustam,I, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang.
Kampung KB sebagai rencana yang terintegrasl dengan program lainnya dijelaskan secara panjang lebar oleh utusan BKKBN Propinsi Kalbar, Eka Sulistia Ediningsih SH M.Si, bahwa kampung KB menjadi pelaksana kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga secara utuh dan terintegrasi antar-bidang baik internal maupun lintas sektor di lini lapangan. Kampung KB merupakan wadah strategis bagi seluruh sektor untuk bekerjasama meningkatkan pemberdayaan keluarga dan kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu, Camat Simpang Hulu, Gorego berharap dengan adanya launching program PKH dan pencanangan Kampung KB di Kecamatan Simpang Hulu menjadi moment yang baik bagi kita semua. Dengan adanya program KB ia berharap masyarakat jangan smaspai takut mengikuti program keluarga berencana. Begitu juga dengan program PKH. Camat juga melaporkan pekerjaan yang dilakukan pemerintah di wilayah simpang Hulu. Ia menyambut baik adanya pembangunan yang sudah berjalan selama ini. Termasuk juga dengan adanya pembangunan tower telekomunikasi di Kecamatan Simpang Hulu, dan lain sebagainya.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007