home news guestbook contact
Selasa, 12 Desember 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Safari Ramadhan di Masjid Azharussalam Desa Sungai Jawi Dalam

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 8 June 2017, 8:05 pm


SETELAH melakukan safari Ramadhan di Masjid Al Abror Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong pada tanggal 2 Juni 2017, kembali Pemerintah Kabupaten Ketapang dan Forkopimda melakukan silaturahmi dan buka puasa bersama di Masjid Azharussalam, Dusun Sri Lingga Desa Sungai Jawi Dalam Kecamatan Benua Kayong, Kamis (8 Juni 2017). Dalam silaturahmi tersebut Pemkab Ketapang menyampaikan bantuan untuk Masjid Azharussalam berupa salon BMB 8 inchi sebanyak 1 set, corong TOA sebanyak 2 buah, ampli BMB sebanyak 1 buah, Mix TOA sebanyak 1 buah dan sajadah gulung 7 buah. Bantuan tersebut diserahkan Bupati Ketapang yang diwakili H. Farhan SE, M.Si, Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang.

Sebelum penyerahan bantuan dilakukan, Camat Matan Hilir Selatan, Rahmat Rohendi SH menuturkan safari Ramadhan ini merupakan silaturahmi pemerintah daerah dengan masyarakat. Karena itu ia sangat berterima kasih kepada Pemkab Ketapang dan Forkopimda Kabupaten Ketapang yang berkenan hadir di Masjid Azharussalam, Dusun Sri Lingga Desa Sungai Jawi Dalam.
Sementara itu, Bupati Ketapang yang diwakili H.Farhan SE, M.Si, Asisten II Setda Ketapang memperkenalkan ke masyarakat bahwa selain rombongan Pemkab Ketapang, hadir juga dalam safari Ramadhan yakni jajaran Forkopinda, seperti Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP, M.Si, Kapolres Ketapang AKBP Sunario S.Ik , Dandim 1203 Ketapang Letkol Inf Riko Harianto, Ketua PN Ketapang Maslikan SH, anggota DPRD Ketapang Akhmad Soleh ST dan lain-lain-lain. Dituturkannya, momentum Bulan Suci Ramadhan 1438 H ini adalah untuk kita meningkatkan diri beribadah kepada Allah SWT. Tentunya pada bulan Ramadhan, kita tidak hanya berpuasa semata, tetapi juga meningkat ibadah lain seperti memperbanyak bersedekah, meningkatkan silaturahmi dan lain sebagainya. Selain itu, penting juga kita lakukan adalah meningkatkan silaturahmi sesama masyarakat. Karena itulah Pemkab Ketapang melakukan safari Ramadhan untuk meningkatkan silaturahmi dengan antar komponen pemerintah dan masyarakat. Selain itu mendekatkan diri dan melihat langsung kondisi masyarakat. Hal tersebut selaras dengan fungsi pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan, roda pembangunan dan roda kemasyarakatan.“Tentunya saat kita bertemu disini,saya yakin kita saling tegur dan saling menyapa, termasuk menanyakan bagaimana kondisi masyarakat,” kata H.Farhan SE, M.Si.
Dengan saling tegur dan saling menyapa, serta melihat langsung kondisi masyarakat, maka kita menemukan fakta di dalam kehidupan masyarakat, Bagaimana, kondisi pembangunan, mungkin ada bangunan sekolah yang rusak dan lain sebagainya. Informasi langsung dari masyarakat itu menjadi penting, dan dapat dimanfaatkan bagi pemerintah untuk mengevaluasi kinerja roda pemerintahan dan pembangunan. Selain mempererat silaturahmi, maka mewakili Bupati Ketapang, maka Asisten II Setda Ketapang juga meningkatkan ibadah kita di blan Ramadhan dengan memperbanyak sedekah. Karena esensi dari kita menjalankan ibadah puasa adalah mencari keberkahan dari Allah SWT. Karena dibulan Ramadhan ini, kita harus memperbanyak perbuatan yang baik-baik. Perbuatan yang baik itu, tidak hanya kita lakukan pada bulan Ramadhan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
Asisten II Setda Ketapang juga menginbau agar kita semua untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. “Jagalah keteriban, jagalah kedamaian , dan jangan kita terhasut dengan informasi yang tidak benar, informasi yang jauh dari kebenaran,” tegasnya.
Ia menuturrkan jika ada isu-isu yang tidak baik, sebagai masyarakat kita jangan mudah terprovokasi. Tetapi, hendaknya diserahkan kepada aparat penegak hukum untuk ditindaklanjuti dengan hukum. Dengan begitu diharapkan kehidupan masyarakat berjalan dengan aman dan tertib. Selanjutnya sambil menunggu waktu berbuka puasa, dilakukan tausiyah oleh Ust.Arifinsyah S.Sos.I. Materi tausiyah itu diantaranya pahala yang diberikan Allah SWT terhadap orang yang bersedekah, dimana salah satunya dengan meningkatkan ibadah dibulan Puasa kita mengharapkan keberkahan dari Allah SWT semoga ibadah kita yang ikhlas diterima dan dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Usai memberikan tausiyah selanjutnya ditutup dengan doa, serta sedekah al fatihah. Dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Dan sholat berjamaah.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007