home news guestbook contact
Minggu, 25 Juni 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Resmikan Pembukaan Lahan PT PSM

Pengirim : andy candra
Tanggal : 5 June 2017, 7:11 pm


SEBADAK RAYA - Dibangunnya perkebunan sawit oleh PT Permata Sawit Mandiri diharapkan Bupati Ketapang Martin Rantan menjadi momentum bersejarah. Selain menjadi pendorong dalam memakmurkan masyarakat, disebutnya juga dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan perekonomian masyarakat.

"Luas wilayah Ketapang ini cukup luas terdiri dari tiga puluh satu ribu koma delapan kilometer persegi, terdiri dari 253 desa, sembilan kelurahan dan 20 kecamatan, wilayah yang sangat luas sama dengan propinsi Jawa Barat sebelum pemekaran Propinsi Banten," kata Bupati Ketapang, Martin Rantan SH dalam peresmian pembukaan lahan PT Permata Sawit Mandiri di Desa Sebadak Raya, Minggu (4 Juni 2017) petang..
Maka, dengan APBD yang hanya Rp 2,1 Trilyun Per Tahun tidak cukup untuk membangun seluruh Kabupaten Ketapang. Keberadaan perusahaan yang membuka akses. Masyarakat diharapkan dapat membantu dalam pemberdayaan perekonomian. Termasuk juga melalui program CSR perusahaan dapat membuka akses transportasi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Selain pembangunan fisik,dijelaskan Bupati Ketapang bahwa tugas negara jua membangun secara non fsik. Karena itulah, termasuk pentingnya pembangunan keimanan. Ia mengingatkan pentingnya seluruh masyarakat saling hormat menghormati antar umat beragaman serta menjaga kerukunan yang sudah terbina dengan baik di Kabupaten Ketapang.
Selain itu, dengan keberadaan perusahaan, seandainya nanti masyarakat sudah mempunyai uang, jangan lupa untuk terus bersekolah. Demikian juga jangan terpengaruh narkoba. Masyarakat harus siap untuk anti narkoba. ".Narkoba merusak bangsa," tegas Bupati Ketapang.
Selain itu, Bupati Ketapang menyerukan kita untuk bertekad menguatkan ekonomi. Penguatan perekonomian Ketapang dapat dilakukan melalui ekonomi agro. Karena itu sesuai visi keenam, maka pengelolaan Sumber Daya Alam harus tetap memperhatikan lingkungan hidup. Lingkungan hidup tidak hanya menyangkut pohon. Tetapi juga adat istiadat, manusia dan lain sebagainya."Saya berharap dengan investor di sni maka kearifan lokal, adat istiadat dan budaya juga tetap terjaga. Karena adat istiadat ini merupakan ciri khas identitas nasional," ucapnya.
Selain itu, Bupati ketapang juga berpesan supaya jangan membakar hutan. Disebutkannya pada tahun 2015, Indonesia dimata dunia internasional telah dikabarkan mengirim asap ke Malaysia dan Singapura.Akibatnya, penerbangan terganggu, dan banyak hal yang merugikan akibat kabut asap.
Arahan yang disampaikan Bupati tersebut dilakukan usai doa bersama yang dipimpin Pastor bruder antonius Berito Doko. Kemudian sambutan dari camat Nanga Tayap, Dewanto S.Ap, dan Haji Albert Ruslim, Direktur PT PSM. Dalam sambutannya, haji Albert Ruslim menerangkat PT PSM adalah perusahaan perkebunan yang didirikan sejak tahun 2005, dan pada 2006 memperoleh izin lokasi yang selanjutnya mengurus ijin pelepasan kawasan hutan dari kementerian Kehutanan,. Akhirnya tahun 2013 berhasil mendapatkan izin pelepasan hutan dari Menteri Kehutanan, banyak tahun yang sudah dilewati perusahaan dan masyarakat sampai tiba pada hari ini kita berkumpul semua untuk memulai kegiatan operasional. Ia menerangkan panjjang lebar keberadaan perusahaan, termasuk kepedulian perusahaan dalam mensejahterakan masyarakat sekitar tempat usaha.
Usai memberikan arahan, Bupati Ketapang selanjutnya memukul gong menandakan peresmian pembukaan lahan ditandai. Selain itu, juga dilakukan penyerahan tajau dari Direktur PT PSM, Haji Albert Ruslim bersama bapak Candra Nan Arif didampingi Bupati Ketapang kepada Kades Sebadak Raya atau yang mewakili, Kades Pangkalan Suka, dan Kades Demit. Penyerahan tajau ini sebagai tanda ikatan batin yang menyatu antara perusahaan dan masyarakat.Selain itu dilakukan juga penyerahan ambulance PT PSM untuk kepentingan sosial masyarakat. Selain itu, Bupati Ketapang menggerakkan bendera, bersamaan dengan penyalaan mesin alat berat oleh operator, menandakan pembukaan lahan secara seremonial diresmikan Bupati Ketapang.
Kegiatan selanjutnya dilakukan peragaan pemadaman kebakaran dari unit kebakaran lahan PT SISM. Usai menyaksikan peragaan pemadam kebakaran dilanjutkan dengan hiburan tarian adat Dayak oleh tim kesenian dari Sanggau. Tim
Tarian adat Dayak dari tim Kesenian dari Sanggau yang berjumlah 30 orang dan pernah tampil di istana Presiden RI.Menjelang waktu berbuka selanjutnya, selanjutnya doa berbuka puasa dipimpin Ustad Raden Ahmad Noor, baca doa buka puasa bersama. Usai berbuka, selanjutnya hiburan bersama, dimana Bupati ketapang juga sempat menyumbangkan lagu berjudul kharima cinta dan kemesraan. Kemudian, kembali ke istirahat di guest house Semberuang PT SISM. Pada Senin (5 Juni 2017) meninjau pabrik PT SISM yang berkapasitas 70 ton perjam. Usai meninjau lokasi pabrik, kemudian kembali ke Ketapang melalui jalur Sungai Pawan. @


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007