home news guestbook contact
Sabtu, 21 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Apel Kesiagaan Karhutla

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 27 May 2017, 12:04 pm


Ketapang, Apel kesiapsiagaan kebakaran Hutan dan lahan, yang diikuti TNI POLRI PNS, Manggala Agni, Unit Pemadam Kebakaran Pemerintah dan swasta berlangsung di halaman kantor Bupati Ketapang Jumat (26/5) .

Bupati Martin Ratan SH menjadi inspektur upacara yang didampingi oleh Dandim 1203 Ketapang Letkol Inf Riko Haryanto, Waka Polres Ketapang Kompol Rza Simanjuntak, dalam sambutannya mengatakan Apel Gelar pasukan yang dilaksanakan tersebut untuk mengetahui personil dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan tahun 2017 di Kabupaten Ketapang.
Selain itu disampaikan Bupati Martin Rantan Apel dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dini dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ketapang.
untuk mempermudah koordinasi antar isntansi dan lembaga hingga bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ketapang dapat tertangani dengan baik kata Bupati.
Dan juga dimaksudkan untuk menghimpun kekuatan yang ada dibawah satu komando dengan melibatkan isntansi Pemerintah swasta dan relawan serta masyarakat di Kabupaten Ketapang.
Bupati memaparkan dalam rapat Kerja Nasiobal tanggal 23 Januari 2017, yang lalu Presiden RI telah menyampaikan arahan langkah langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan tahun 2017,
Disampaikan Bupati bahwa Presiden RI telah mengarahkan kepada seluruh jajaran TNI POLRI para Gubernur dan Bupati yang daerahnya rawan terjadi karhutla, agar daerah mengatisipasi dini kebakaran hutan dan lahan.
pekerjaan rumah kita dalam mengatisipasi kebakaran hutan dan lahan agar lebih berat jika dibanding pada tahun 2016 yang lalu kata Dia.
Menurut Bupati hal tersebut dikarena berdasarkan prediksi badan Metrologi musim kemarau tahun ini agak lebih kering dan lebih panjang di banding tahun lalu
Untuk itu ditegaskan Bupati bahwa perlu adanya langkah langkah nyata dari semua stackholders yang terlibat baik Pemerintah TNI Polri,swasta dan masyarakat diwilayah kabupaten Ketapang, langkah nyata dimaksud dengan melakukan upaya atau pencegahan secara previntif melalui penyuluhan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.
untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan Bupati mengajak bersama sama bersatu bersinergis dengan mengerahkan seluruh keuatan yang ada mulai dari tingkat kecamatan dan desa termasuk Camat Danramil,Kapolsek lurah Kades, babinsa Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.
untuk melakukan patroli secara rutin dan terjadwal kedaerah daerah yang rawan serta perlundaya penyampaian informasi yang cepat dalam menanggapi kebakaran hutan dan lahan sekecil apapun guna mencegah kebakaran hutan dan lahan semakin besar.

selain penangan langkah langkah tehnis dan strategis penaggulangan kebakaran hutan dan lahan menurut Bupati perlu dilakukan evaluasi dan invetarisasi seluruh kekuatan personil serta melakukan pengecekkan dan mempersiapakan kembali seluruh sarana dan prasarana pendukung yang ada baik sarana mobilisasi maupun sarana operasi seperti mesin mesin dan perlengkapannya serta menginvetarisasi sumber air yang ada.
khusus kepada pihak swasta seperti perusahan perusahaan besar yang ada dan beroperasi di Kabupaten Ketapang Bupati Martin Rantan meminta agar berpartisipasi aktif dan turut serta memberikan kontribusi dalam mengangi kebakaran hutan terutama diwilayah sekitar perusahaan.
Perusahaan harus memiliki saran dan prasarana penagulangan kebakaran hutan serta menyiapkan SDM untuk melakukan penaganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan tegas Bupati.
Diakhir sambutan Bupati mengharapkan kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan tidak hanya pada apel kesiapan gelar pasukan ini tujuan kita bukan penagaulanan kebakaran hutan dan lahan tetapi pencegahankebakaran hutan dan lahan sehingga kebahakaranhutan dan lahan di Ketapang berkurang secara drstis stop kebakaran hutan dan lahan stop pencemaran asap Ketapang aman dan sejahtera.,

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007