home news guestbook contact
Sabtu, 21 Oktober 2017 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Jelang Ramadhan, Pemkab Inspeksi Mendadak Pasar

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 24 May 2017, 11:53 am


Menjaga kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) menjelang puasa Ramadhan Tim Gabungan Pemkab Ketapang melakukan sidak (inspeksi mendadak) pasar. Inspeksi mendadak dilakukan di empat tempat yaitu, pasar Rangga Sentap, Distributor Sembako, Pasar Sukabangun dan Pasar Modern City Mall, Rabu (24/5) pagi.

Inspeksi mendadak Tim Gabungan Pemkab Ketapang terdiri dari Dinas Koperasi UKM Perindag, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Polres Ketapang. Kodim 1203 Ketapang, Denpom, Bagian Perekonomian dan Pembanginan, Bagian Humas dan Protokol Setda Ketapang. Sidak bertujuan untuk mengetahui tentang kestabilan harga, dan jumlah pasokan barang atau pendistribusian barang yang menyangkut kualitas dan kuantitas barang tersebut apakah layak dijual atau tidak. Komoditas barang tersebut yaitu bahan pokok kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, telur, gula, bawang, cabai, daging ayam, daging sapi, ikan segar dan lain-lain. Inspeksi mendadak yang langsung diikuti Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Ketapang, Toni Jaya SH dan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ketapang, Boy Hasan S.Sos, MM dan Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Dra C.Enny A. Moment inspeksi di Pasar Rangga Sentap, sejumlah pedagang juga "curhat" dengan instansi terkait, menyikapi kondisi pasar yang dianggap sepi.
Kondisi Pasar Rangga Sentap, menurut Kadis Koperasi UKM Perindag Kabupaten Ketapang, kondisi kebersihan rangga sentap sudah relatif membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika pagi hari kompleks pasar ikan dan daging digunakan berdagang.sementara sore hari dibersihkan. Hal tersebut diakui pengelola pasar rangga sentap. Saat sekarang, selokan di kompleks tersebut tidak lagi mengalami banjir. Namun sisi lain, beberapa meja pasar masih kosong. Sementara di data meja masih ada pemilik, tetapi pemilik meja berdagang ditempat yang berbeda. Daripada kosong, diharapkan meja diserahkan sehingga dapat dimanfaatkan pedagang lain untuk berdagang.
Pada pengecekan ketersediaan bahan pokok ditempat tersebut masih relatif stabil. Ketersediaan bawang, cabai, daging sapi, ayam broiler, ayam buras, ikan, beras dan lain-lain relatif aman. Harga daging sapi berkisar antara Rp 110-120 ribu per kg. Ayam buras masih 5Rp 55 ribu per kg. Sedangkan daging ayam broiler Rp 27-28 ribu per kg. Usai melakukan inspeksi mendadak di Pasar Rangga Sentap, tim gabungan mendatangi agen sembako di Jalan Merdeka. Dari tempat berlanjut pengecekan gudang sembako di Jalan Basuki Rahmat. Dari keterangan distributor kondisi beras, gula, tepung terigu dan lain- lain masih aman. Harga pasar juga stabil. Setelah dialog dan mengecek kondisi gudang, tim gabungan kembali melakukan pengecekan di Pasar Sukabangun Luar. Selain mengecek harga sembako juga melihat ketersediaan ikan segar.
Usai melakukan pengecekan di Pasar Sukabangun, dilanjutkan pengecekan pada pasar modern Hypermarti di Citi Mall Ketapang. Pada pengecekan harga dan kondisi barang, diketahui harga pasar modern dan pasar rakyat relatif berimbang. Pengecekan barang kadaluarsa di tempat juga belum ditemukan, berbeda dengan kondisi sidak beberapa waktu lalu.
Menurut, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Ketapang, Dra C Enny A bahwa sidak pasar ini selain untuk mempersiapkan bulan Ramadhan namun sekaligus untuk menyiapkan lebaran agar harga kebutuhan bahan pokok yang ditetapkan oleh pedagang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007