home news guestbook contact
Rabu, 22 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Pimpin Rapat Panitia Perayaan 100 Tahun Gereja Paroki St.Yosef Serengkah

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 3 May 2017, 12:08 pm


KETAPANG -- Gereja Paroki St Yosef Desa Serengkah, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang tahun depan akan berusia 100 tahun. Perjalanan panjang sejarah Gereja Paroki St Yosef Desa Serengkah, akan dirayakan, Setelah beberapa kali rapat yang diulakukan panitia, maka memandang perlu untuk mendapatkan arahan Bupati Ketapang yang juga sebagai ketua umum.

Bupati Ketapang, Martin Rantan SH yang menbgunjungti Desa Serengkah, Kecamatan Tumbang Titi, Propinsi Kalimantyan Barat pada 30 April 2017 menyempatkan meninjau pembangunan gedung Gereja Serengkah. Usai meninjau lokasi pembangunan Gedung Gereja St Yosef yang baru, selanjutnya Bupati Ketapang langsung memimpin rapat panitia perayaan HUT 100 Tahun Gereja Paroki St Yosef Serengkah. Berkaitan dengan perayaan 100 Tahun Gereja paroki Serengkah, dikatakan Martin Rantan tentu akan banyak tamu yang hadir. Salah satunya kemungkinan hadir Duta Besar Vatikan,para uskup, kepala SKPD dan lain-lain. Tentu hal ini harus dipersiapkan sejak awal. Karena itrulah, dia meminta para panitia dan masyarakat kompak mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perayaan 100 tahun Gereja Serengkah. “Terkait dengan dana yang diusulkan, disni juga hadir Wakil Ketua umum panitia (Drs Heronimus Tanam ME,red) yang akan merasionalkannya, jika masih terdapat kekurangan, nanti akan kita cari sponsor sehingga bisa cukup,” ujar Martin Rantan, Ketua Umum Panitia Perayaan 100 Tahun Gereja St Yosef Serengkah.
Dalam perayaan 100 Tahun Gereja St Yosef Serengkah, tentunya para tamu yang hadir perlu tempat menginap. Karena itu, diharapkan Bupati, panitia dan masyarakat dapat merelakan rumahnya ditempati. Karena jika menginap di hotel Tumbang Titi, maka tidak mungkin tertampung. Bahkan, Bupati Ketapang merencanakan akan membangun rumah singgah di Tumbang Titi. Dengan rumah singgah yang akan dibangun, bukan hanya untuk kegiatan menyambut 100 tahun Gereja Paroki St Yosef. Tetapi, rumah siunggah itu juga dapat dimanfaatkan keluarga besarnya yang sekali-kali dating dari Pontianak atau Ketapang bisa memanfaatkan rumah singgah tersebut.
Begitu juga juga dengan kondisi parker, jalan yang dilalui dan lain-lain dibahas oleh Bupati Ketapang. “Hal-hal yang bisa dilakukan sekarang bisa kita lakukan sejak sekarang, selain dikoordinasikan ke saya, bisa dikoordinasikan dengan Wakil Ketua Umum, selain itu, mungkin perlu juga kita coba untuk merehab makam-makam tokoh umat, misalnya Makam penganut Kristen Pertama di Serengkah dan lain sebagainya,” ujar Bupati Ketapang.
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Perayaan Gereja Paroki St.Yosef, Heronimus Tanam ME memberikan sejumlah masukan kepada panitia diantaranya pentingnya kita menanamkan sejarah, Jadi dalam perayaan tidak hanya sekedar seremonial belaka. Tetapi mungkin bisa ditanamkan nilai sejarah dalam bentuk buku,. Karena itu harus digali data. Selain itu, acara bisa digabung dengan acara lain misalnya seminar.
Beghitu juga pentingnya dilakukan aksi, untuk kita mengenang kegiatan. Misalnya aksi bhakti social dan lain-lain.. Begitu juga perlu diinvetarisasi undangan, tokoh-tokoh mana saja yang akan diundang, salah satunya mungkin Dubes Vatikan. Mendukung kelancaran perayaan 100 tahun Gereja Paroki St.Yosef, Asisten III Setda Ketapang menyebutkan kunci utamanya adalah akses. “Selain i disebutkan Bupati Ketapang tadi, perlu juga dikerahkan dilakukannya kerja bhakti, bisa satu bulan sekali,” ucapnya.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007