home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Dorong SKPD Tingkatkan Penyerapan Anggaran

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 17 April 2017, 1:54 pm


KETAPANG - Penyerapan APBD tahun 2017 pada triwulan I (Januari-Maret 2017) dinilai masih rendah oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH. Ia mengharapkan penyerapan anggaran dapat segera direalisasikan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat pada DPA masing-masing SKPD. Jangan sampai penyerapan APBD murni menumpuk di triwulan IV.

"Saya berharap tidak ada lagi pekerjaan fisik APBD murni yang dilakukan pada bulan Desember sehingga menumpuk bersamaan dengan APBD perubahan sehingga berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran," tegas Bupati Ketapang, Martin Rantan SH ketika memimpin rapat evaluasi APBD Triwulan Pertama tahun 2017 (Senin, 17/4) pagi.
Rapat yang berlangsung di aula utama Kantor Bupati Ketapang dihadiri para pejabat eselon II, kepala bidang dan staf yang mewakili kepala unit kerja. Rapat evaluasi penyerapan anggaran ini dihadiri juga Asisten I, II dan II setda Ketapang. Menurut Bupati Ketapang, jangan sampai terjadi penumpukan realisasi anggaran pada akhir tahun, sehingga juga dapat berdampak pada pemotongan dana DAU maupun DAK oleh pemerintah pusat. Dalam kesempatan itu, Bupati ketapang juga menguraikan ada sejumlah SKPD yang dievaluasi Bupati Ketapang terkait dengan sejumlah paket pengadaan barang dan jasa yang harus dilelangkan. Setelah disebutkan sejumlah paket pada masing SKPD, baik yang sudah memasukkan dokumen lelang maupun belum, maka Bupati Ketapang meminta kepada SKPD yang bersangkutan untuk memberikan alasan tertulis kepada kepala daerah, terkait dengan hambatan dan kendala yang dihadapi. Selain itu, jika ada SKPD yang belum menunjuk PPK maka segera diminta untuk mengurus terbitnya SK penunjukan pejabat pemegang komitmen (PPK) dan lain sebagainya.
Tidak kalah penting dalam proses pengadaan barang dan jasa diharapkan mentaati peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak menimbulkan dampak hukum dikemudian hari. Selain itu, Bupati Ketapang juga meminta dalam pelelangan pengadaan barang dan jasa juga diback up oleh Bagian Hukum Setda Ketapang.
Sebelum mengakhiri motivasi dan arahan dalam evaluasi penyerapan APBD tahun 2017, Bupati Ketapang juga sempat mempertanyakan seandainya dokumen pelelengan sudah dimasukkan oleh masing-masing SKPD ke LPSE, apakah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Ketapang ada kesiapan menuntaskan seluruh pelelangan. Atas pertanyaan Bupati Ketapang ternasut maka Kepala Bagian Barang dan Jasa Setda Ketapang menyatakan "siap". Akhirnya, Bupati Ketapang menutup pembukaan rapat evaluasi penyerapan anggaran, dan menyerahkan kepada Asisten II Setda Ketapang untuk memimpin rapat. Ia mengharapkan Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Ketapang untuk mencatat kendala dan hanmbatan masing-masing SKPD dalam penyerapan anggaran tersebut. Dari kendala yang tercatat, nantinya akan dicarikan solusi. Yang tepat, sehingga masalah yang dihadapi dilapangan cepat tertuntaskan.
Sebelum Bupati Ketapang memberikan arahan kepada kepala SKPD dalam rapat evaluasi tersebut, sempat dipaparkan oleh Kepala Bagian Peerkonomian dan Pembangunan ketapang, bahwa ada beberapa SKPD yang belum menyampaikan laporan fisik dan realisasi APBD untuk triwulan pertama 2017. Selain itu diinformasikan juga, dalam penyerapan anggaran pada triwulan pertama, oleh Badan Keuangan dan Pengelolaan Asset Kabupaten Ketapang disediakan pencairan dana sebesar Rp 250 milyard. Namun, sampai Akhir maret 2017, yang direalisasikan baru sekitar Rp 69,7 milyard. "Kita mengharapkan dalam tiga bulan kedepan realisasi fisik anggaran sudah dapat terserap dengan baik," tegas Dra C.Enny, A, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007