home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lantik Kades Seguling dan Kades Pebedilan

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 10 April 2017, 1:51 pm


KETAPANG -- Pembangunan desa dikatakan Bupati Ketapang urusan serius. Pasalnya, selain terdapat pada visi yang kelima Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. Dalam membangun desa juga terdapat menteri desa."Artinya, desa memiliki posisi yang strategis.

Posisi kepala desa sangat strategis, oleh karena itu kepala desa harus melaksanakan fungsi koordinasi," tegas Martin Rantan SH Bupati Ketapang ketika melantik Kepala Desa Pengantian Antar Waktu Desa Seguling Kecamatan Manismata dan Desa Pebedilan Kecamatan Kendawangan, Senin (10/4) di pendopo Bupati Ketapang.
Karena posisi yang strategis dimiliki kepala desa, maka, Bupati minta kepala desa melakukan koordinasi dengan babinkamtimas dan babinsa.Mengapa koordinasi ini penting, karena saat ini hampir di seluruh Indonesia disibukkan dengan persoalan-persoalan yang diduga menyimpang. Misalnya adanya gerakan-gerakan yang inteloransi yang menyebarkan faham-faham kebencian pada orang lain. Dikatakan Martin Rantan, hal tersebut mulanya timbul dari kelompok kelompok tertentu ditingkat desa. Karena itu, Kepala. Desa dimintanya segera berkoordinasi dengan babinsa, babinkamtibmas, tokoh masyarakat.
Bupati Ketapang meminta kepala melakukan antisipasi dini terhadap gejolak-gejolak yang dapat timbul mengacau kestabilan di daerah. Antisipasi dini dinilainya penting supaya negara indonesia tetap tegak berdiri sesuai dengan cita-cita proklamasi dan pancasila.
Sekali lagi Bupati menyebut, keamanan di daerah sangat penting. Karena dengan jika kondisi tidak aman, maka dari Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat sampai ke tingkat desa tidak bisa melakukan pembangunan. Selain itu, Bupati juga meminta kepala desa yang dilantik walaupun hanya paruh waktu, segera melakukan koordinasi dengan Camat. Diterangkan Bupati bahwa Camat adalah perpanjangan pemerintah kabupaten. Jadi janganlah kepala desa langsung koordinasi dengan bupati, langsung ke kepala dinas pemberdayaan desa. Tapi koordinasilah di tingkat kecamatan. Selesaikan permasalahan di tingkat desa dengan camat, jika persoalan tidak bisa diselesaikan ditingkat koordinasi kecamatan, barulah dikoordinasikan dengan tingkat kabupaten. Bupati tidak ingin, sedikit-sedikit persoalan di tingkat desa "bypass" cari jalan pintas ke Bupati. "Pusing saya, bayangkan dari 230-an desa, sementara dalam satu hari Bupati hanya melayani 10-20 tamu setiap hari,fungsikan lembaga ditingkat desa, jika bisa diselesaikan ditingkat desa, tidak perlu diselesaikan ditingkat kabupaten," ucap mantan anggota DPRD Kalbar ini.
Lebih lanjut ia menyebutkan, jika kepala desa yang dilantik mau terpilih kembali, maka diharapkan agar benar-benar mendalami tugas dan fungsinya sehingga dapat terpilih kembali. Martin mencontohkan dirinya pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Ketapang dari hasil PAW. Walaupun PAW, tetapi ia benar-benar mendalami tugas dan funsginya sebagai dewan, sehingga bisa terpilih kembali menjadi anggota DPRD dan terakhir menjadi anggota DPRD Kalbar, sehingga terpilih menjadi Bupati Ketapang.
Oleh karena itu ia mengharapkan kepala desa yang dilantik benar-benar menjalankan pengabdian sebagai kepala desa dengan baik dan benar. Mudah-mudahan nanti dapat terpilih kembali sebagai kepala desa, siapa tahu nanti bisa terpilih menjadi Bupati Jelai Kendawangan Raya, yang terdiri dari kecamatan manimata, Marau, Air upas, Singkup dan Kendawangan. Seandainya tidak terpilih menjadi kepala desa, setidaknya anda terpilih. Beberapa kali menjadi kepala desa sehingga menjadikan desa menjadi maju dan mandiri. Kepala desa jangan bekerja seperti manajer tukang sate, dari memotong daging sampai menusuk bahkan membakar sate." Bagilah pekerjaan dengan yang lain, jangan bekerja sendiri," ucapnya seraya memaparkan beberapa hal terkait pemerintahan di Kabupaten Ketapang.
Ada pun Kepala Desa yang dilantik Bupati adalah Ahmad Kepala Desa pebedilan Kecamatan kendawangan dan David Manode Kepala Desa Seguling Kecamatan Manismata.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007