home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Rakor Persiapan Idul Fitiri

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 9 September 2008, 1:46 pm


Sabran Amin di dampingi oleh Kepala Disperindagkop dan PM dalam rapat koordinasi persiapan Idul Fitri di ruang rapat Kantor Bupati. Foto Aspul Anwar (Humas Setda Ketapang)

Bertempat di ruang rapat kantor Bupati (9/9, dilaksanakan rapat koordinasi persiapan Idul Fitri yang dipimpin oleh Asisten II Administrasi Pembangunan Drs. H. Sabran Amin, yang dihadiri oleh instansi terkait antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal, Kepolisian Resort Ketapang, Syahbandar, dan PT. Pelindo, Kepala Kesbangpol dan SAR Kabupaten KEtapang .Untuk Persiapan Idul Fitri ini perlu adanya persiapan terhadap beberapa hal seperti ketersediaan sembako, kelancaran transportasi, dan pengamanan. Transportasi tidak hanya berkaitan dengan penumpang mudik lebaran namun juga transportasi pengangkutan bahan makanan atau sembako untuk daerah perhuluan atau ke kecamatan yang disesuaikan dengan keadaan sekarang.
Seperti stok sembako Sabran mengharapkan kepada Dinas Perindagkop dan PM untuk melakukan pengecekan secara langsung ke pedagang maupun kepada pihak agen sehingga tidak terjadi kelangkaan pada saat dibutuhkan yang dapat mengakibatkan kenaikan harga tentunya jika terjadi kenaikan harga menjelang idul fitri akan mempersulit masyarakat terutama kemampuan daya beli masyarakat itu sendiri.
Keberadaan transportasi diingatkan oleh Sabran perlu adanya pengaturan untuk menciptakan kelancaran bagi masyarakat yang akan mudik dan juga berhubungan dengan kelancaran distribusi sembako terutama untuk menjangkau daerah pedalaman. Kelancaran ini juga berhubungan dengan kenyamanan masyarakat baik yang akan mudik lebaran.
Sementara itu Kepala Dinas Perindagkop dan PM, Drs. H. Syakrani mengungkapkan bahwa keberadaan stok sembako selama ramadhan dan menjelang Idul Fitri tetap stabil tidak akan terjadi kelangkaan walaupun diketahui selama bulan ramadhan kebutuhan akan sembako selalu meningkat.
Dijelaskan juga oleh Syakrani ada beberapa jenis sembako yang mengalami kenaikan seperti gula pasir dan daging sapi.
Syakrani dalam rakor ini meminta kepada para petugas keamanan untuk meningkatkan pengawasan terhadap barang masuk terutama di pintu-pintu masuk barang seperti pelabuhan hal ini untuk mengantisipasi masuknya barang illegal.
Kepala Dinas Perhubungan Drs. H. Thorkhan dalam rakor menjelaskan bahwa pada dasarnya kesiapan alat angkut penumpang dan barang belum ada masalah baik alat angkut darat dalam kota maupun antar kota. Untuk Bis antar kota antar kecamatan tersedia sebanyak 35 Unit, sedangkan untuk dalam kota sejenis oplet tersedia sebanyak 8 unit. Sementara transportasi air untuk ke kecamatan sepertirute Ketapang - sandai tersedia speedboat sebanyak 15 Unit. Begitu juga rute Kendawangan - Blangiran - Air Hitam tersedia speedboat sebanyak 15 Unit. Untuk angkutan udara ditegaskan oleh Thorkhan 1 Unit Pesawat yang dibenarkan oleh Kepala Bendahara Rahadi Oesman.
Pengamanan menjelang Idul Fitri dalam rakor terungkap , aman dan kondusif sebagai mana seperti tahun-tahun sebelumnya. Seperti tahun-tahun lalu untuk pengamanan akan dibangun pos-pos dibeberapa titik yang dianggap rawan dan strategis. Untuk pengaman idul fitri juga dibahas pengamanan terhadap kewaspadaan terhadap bencana alam dikarenakan curah hujan akhir-akhir ini di Kabupaten Ketapang yang lumayan tinggi.
Hasil rakor dapat disimpulkan untuk Kabupaten Ketapang persiapan menjelang Idul Fitri tidak ada kendal. (Asp)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007