home news guestbook contact
Rabu, 29 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PKK Kalbar Imbau Sukseskan Gerakan Menanam

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 30 March 2017, 6:06 pm


KETAPANG -- Melonjaknya harga cabai sempat menyita perhatian ekonomi nasional. Menurut Cornelis Gubernur Kalbar cabai sebenarnya masalah serius di daerah ini.

"Kita di Kalbar, tanah luas bisa nanam cabai. Kalau setiap keluarga nanam cabai empat atau lima polybag sudah tidak habis-habis kalau untuk kebutuhan makan keluarga, berbeda kalau seperti di China atau Amerika disana rumah-rumah mereka di apartemen, kita disini masih banyak tanah," tegas Cornelis, Gubernur Kalbar disela-sela pengarahan pada Musrenbang RKPD 2018 Kabupaten Ketapang (30/3/2017) di Hotel Borneo Emerald Ketapang..
Selain mengingatkan pentingnya menyusun rencana anggaran yang tidak defisit, dan tidak hanya mengejar pembangunan ekonomi dan fisik semata, Gubernur juga mengingatkan pentingnya membangun sektor non fisik, yaitu pembangunan manusia. Pembangunan manusia itu harus dimulai dari keluarga. Dalam membangun keluarga itu, maka ia meminta agar disinergiskan juga dengan program PKK.
Bagaimana mensingkronisasikan program PKK dengan program SKPD, selanjutnya Gubernur Kalbar meminta kepada Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis untuk memberikan arahan. Ketua TP PKK Kalbar dalam arahannya merincikan satu persatu program PKK. Ia meminta SKPD yang memiliki program sama dengan PKK maka dapat meminta bantu kepada PKK dalam melaksanakannya. Menurutnya program tersebut bisa dilaksanakan PKK, tetapi SKPD yang melakukan SPJ terhadap pengelolaan keuangannya. "Jangan kasihkan uangnya ke PKK, tapi PKK yang membantu melaksanakan kegiatannya," ujar Ketua TP PKK Kalbar panjang lebar..
Selain itu ia juga mengupas tentang mahalnya harga cabai, dimana PKK juga dilibatkan dalam Gerakan Menanam. Lahan yang luas di daerah ini harus dimanfaatkan dalam menunjang kesejahteraan keluarga. Harapannya, dalam mensukseskan gerakan menanam tersebut, maka kepala SKPD diharapkan juga melibatkan para istrinya. Harapannya, gerakan menanam dalam memenuhi kesejahteraan keluarga bisa tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat.
Usai memberikan kesempatan kepada Ketua TP PKK Kalbar memberikan arahan, selanjutnya Gubernur Kalbar menyebutkan pentingnya gerakan menanam. Ia mencontohkan bagaimana dibeberapa negara yang lahannya terbuka tanpa tanaman. Karena itu, wilayah tropis ini menjadi harapan dunia dalam mengatasi global warming. Selain itu, gambut juga harus terjaga dengan baik, tapi sisi lain kesejahteraan manusia juga harus menjadi perhatian. Dalam menyusun rencana pembangunan tentunya keseimbangan itu harus diperhatikan.
Gubernur Kalbar memanfaatkan kegiatan Musrenbang Kabupaten Ketapang untuk menyampaikan permohonan maaf sekaligus pamitan. Ia menegaskan pada tahun 2018 sudah tidak bisa lagi ikut memberikan pengarahan dalam Musrenbang Kabupaten. Sebab, pada januari 2018, masa jabatannya sebagai Gubernur Kalbar sudah berakhir. Tentunya dalam masa jabatan selama 10 tahun, ada hal-hal yang belum diselesaikan secara maksimal, begitu juga pembangunan yang belum tersentuh. Ia berharap, Gubernur Kalbar kedepan bisa memenuhi harapan masyarakat. Dimana, Gubernur kedepan diharapkan lebih baik dari masa kepemimpinannya. Selain itu bisa lebih cerdas, dan lebih giat dalam membangun Kalbar. Semua harapan tersebut, tentunya kembali lagi pada pembangunan manusia yang diawali dari keluarga.
Karena itulah, sebelum mengakhiri pengarahannuya, Gubernur Kalbar meminta alam menyusun anggaran pembangunan ini tidak boleh membuat anggaran defisif. Susun rencana pembangunan itu sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dengan skala prioritas. Gubernur menyebutkan ada salah satu Kabupaten di Kalbar yang menyusun APBD defisit, tapi tidak ditanda tanganinya. Karena itu, pihaknya langsung memerintahkan untuk memanggil kepala daerah tersebut untuk menjelaskan penyebab defisit anggaran. Arahan sekitar satu jam disampaikan Gubernur Kalbar dalam musrenbang Kabupaten Ketapang. Sebelumnya, Musrenbang dibuka Bupati Ketapang Martin Rantan SH. Bupati Ketapang yang terpilih melalui jalur independen menyampaikan rasa terima kasih kepada Gubernur Kalbar terhadap dukungan pembangunan infastruktur di daerah ini. Demikian juga dengan sejumlah pembangunan industri dan rencana. Termasuk juga rencana PT WHW melanjutkan pembangunan tahap II sehingga mampu produksi 2.000 ton per bulan."Terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalbar yang menghadirkan seluruh SKPD tingkat Kabupaten Ketapang, ini sebuah penghargaan yang sangat besar kepada kami," tegas Bupati Ketapang yang melaporkan kemajuan pembangunan dan rencana-rencana yang sedang dilakukan di Kabupaten Ketapang.@




 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007