home news guestbook contact
Selasa, 21 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Malam ramah Tamah Setahun Kepemimpinan Martin Rantan-Suprapto

Pengirim : andy candra
Tanggal : 18 February 2017, 2:20 pm


KETAPANG -- Satu tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembanguinan ditandai dengan upacara, Jum'at (17/2). Upacara yang dikuti jajaran ASN dilakukan di halaman Kantor Bupati Ketapang dipimpin langsung Martin Rantan Bupati Ketapang. Dan, kemudian dilanjutkan syukuran pindah ruangan asisten I, II dan III Setda Ketapang dibangunan Kantor Bupati Ketapang.

Kemudian pada Jum'at (17/2) malam dilakukan ramah tamah antara Bupati Ketapang, Wakil Bupati, Forkopimda, SKPD dan tokoh masyarakat. Dalam ramah tamah ini ditampilkan hiburan, serta pemaparan hasil dan rencana pembangunan selama lima tahun kedepan.
Sebelum tayangan perkembangan pemerintahan di Kabupaten Ketapang, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Drs H.Mansyur Msi mengatakan SKPD akan berupaya maksimal mendukung pemerintahan Martin Rantan-Suprapto S. Dalam melaksanakan visi dan misi, khususnya menciptakan pemerintahan yang baik, maka saat ini dilakukan penataan personil. Selain itu juga dilakukan penataan honorer. "Dalam penerimaan honorer, besok (18 februari 2017,red) yang lulus administrasi sudah diumumkan," kata Drs H.M.Mansyur Msi seraya mendoakan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang selalu sehat.
Setelah sambutan sekda Ketapang, kemudiam dilakukan penayangan hasil hasil pembangunan selama satu tahun pemerintahan Martin Rantan-Suprapto S. Demikian juga rencana-rencana pembangunan selama pemerintahan Martin Rantan-Suprapto. Pentingnya pengawasan juga menjadi penekanannya dalam paparan tersebut.
Setelah paparan berbagai aspek pembangunan, seperti indeks pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi dan lain-lain, kemudian Martin Rantan-Suprapto menyampaikan sambutan. Wakil Bupati Ketapang mengharapkan dukungan semua komponen masyarakat dalam kepemimpinan mereka. Setelah melihat paparan dari Bappeda Ketapang, ia mengharapkan pembangunan di segala bidang terus ditingkatkan. Termasuk juga mempertahankan penghargaan sebagai daerah yang sadar perlindungan hak asasi manusia. Sebagaimana penghargaan yang diterimanya mewakili Bupati Ketapang di pada bulan November 2016 di Surabaya. Selain itu, Wakil Bupati Ketapang mengharapkan adanya desa sadar hukum di Ketapang. Dimana, sampai saat ini belum ada diusulkan desa sadar hukum di wilayah Ketapang sedangkan diwilayah Kabupaten lain di Kalbar sudah ada. Harapannya, desa sadar hukum ini untuk menjadi perhatian instansi-instansi terkait. Dimana salah satu indikatornya, misalnya tingginya pembayaran pajak oleh masyarakat dan lain-lain.
Selain itu, Wakil Bupati Ketapang juga menginformasikan adanya pemeriksaan pendahuluan dari pihak BPK. Kabupaten ketapang yang selama ini sudah mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) hendaknya dipertahankan. Tak kalah penting adalah semua pihak mempertahankan kondisi Ketapang kondusif.
Sementara itun Bupati Ketapang, Martin Rantan berharap seluruh komponen masyarakat menyerukan Ketapang tetap aman dan kondusif. Hal inilah, organisasi Pemuda Pancasila dan Pemuda Persatuan Dayak diundang dalam syukuran. Supaya ketika pulang kampung dapat diserukan, bahwa Martin Rantan-Suprapto tidak tidur. Mereka sudah bekerja. Hal ini sesuai pesan Gubernur pada saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati. Dimana pesan itu, antara lain segera bekerja. Selain itu, dipesankan Gubernur adalah izin-izin pertambangan segera diserahkan ke propinsi. Dan hal ini sudah dilakukan. "Yang ketiga pesan Gubernur pada pelantikan Bupati adalah, menginstruksikan Bupati yang dilantik segera realisasikan janji-janji politik, janji-jabji itu adalah visi dan misi," ujar Bupati Ketapang.
Dia menyebutkan satu persatu visi dan misi kepala daerah. Salah satunya adalah menciptakan pemerintahan yang baik. Karena itu, perlu ada yang mengatur. Salah satunya kebijakan tentang honorer. Jika tidak diatur, maka pemerintahan tersebut bisa tenggelam. Karena itulah ada pemangkasan, tapi sisi lain juga ada penambahan. Ia menyebutkan saat ini ada 253 desa. Tapi tenaga penyuluh hanya ada 80-an. Idealnya satu desa, satu tenaga penyuluh, artinya memang kurang. Kalau kurang tenaga penyuluh bagaimana pelayanan publik bisa berjalan dengan baik.
Bupati Ketapang juga menyambung penegasan Wakil Bupati Ketapang perlunya evaluasi pelayanan publik dalam enam bulan sekali sebagaimana fakta integritas yang ditandatangani masing-masing pejabat. Jika tidak ada kemajuan yang signifikan, maka langsung dicopot.Selain itu, Bupati Ketapang juga meminta kita pertahankan wilayah Ketapang tetap kondusif. Sebab jika tidak kondusif akan membuat banyak pihak susah bekerja.
Bupati Ketapang juga menyebutkan tentang sudah dibentuknya pokja pelelangan. Walaupun sudah dibentuk, namun SKPD belum menyiapkan dokumen lelang. Ia tidak ingin pekerjaan pengadaan barang dan jasa menumpuk di akhir tahun.sehingga berdampak pada dipangkasnya dana DAK dan DAU.
"Jika pokja pelelangan sudah cepat ada, tapi SKPD belum siapkan dokumen, memangnya mereka mau lelang angin, saya ingatkan selesai asistensi langsung persiapkan dokumen lelang, sebab pokja sudah siap, Dinas PU harus yang pertama cepat maju," tegas Bupati Ketapang seraya menegaskan dirinya tidak ada intervensi pekerjaan barang dan jasa.
Dengan pengadaan yang cepat, maka tidak ada kegiatan yang dibayarkan diakhir tahun. Sehingga dalam pencairan proyek tidak ada keterlambatan."Bagi Persatuan Pemuda Dayak dan Pemuda Pancasila, sampaikan ke masyarakat kita (Martin-suprapto) sudah bekerja, tapi dampaknya belum signifikan, besarnya wilayah kabupaten, sedangkan APBD terbatas, solusinya kita samaisama berpikir untuk mekarkan otonomi baru," ujar Martin Rantan.
Pihaknya, menyebutkan beberapa kabupaten yang akan dimekarkan. Walaupun saat ini sudah ada memoratorium, namun kajian otonomi baru terus dilakukan, dan segera dimasukkan. Supaya usulan tersebut tidak ketinggalan. Diakuinya , dirinya sudah melobi Bupati Kayong Utara, dan juga sependapat. Dengan usaha bersama tidak menutup kemungkinan, suatu saat wilayah Ketapang akan menjadi sebuah propinsi. Bupati Ketapang memerintahkan kepada kabag Pemerintahan untuk terus mengkaji daerah otonomi baru.
Dalam percepatan pembangunan Kabupaten Ketapang yang sangat luas, Bupati mengakui dirinya sudah menandatangani surat keputusan (SK) penugasan khusus kepada staf ahli yaitu melobi anggaran.. Jadi dengan adanya tim dengan tugas khusus ini diharapkan tidak ada pihak-pihak swasta yang mengaku melobi ke pusat atau pihak lainnya sehinggga mengaku-akui berjasa dan meminta fee sampai sekian persen. Adanya penugasan khusus ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan. Penugasan khusus tsb kepada staf ahli. Tujuanya suopaya tidak ada lagi masyarakat swasta yg lobi anggaran ke pusat. Siapa yang mau berani fee anggaran. Jika mau membantu melobi, maka urusannya juga pada kelompok yang sudah di SK-kan. Akhir sambutannya, Bupati Ketapang meminta semua pihak menjaga kondusif wilayah Kabuipaten Ketapang membantu tugas Kapolres dan Dandim 1203 ketapang.@


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007