home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Atraksi Naga Meriahkan Puncak Perayaan Cap Go Meh

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 9 February 2017, 3:42 pm


KETAPANG -- Setelah ritual buka mata di Klenteng Tua Pekkong Jalan Merdeka, (9 Februari 2017) replika tiga ekor naga melakukan penghormatan di Kantor Bupati Ketapang. Kunjungan tiga ekor naga dari Yayasan Tri Dharma dan Badan Pemadam Kebakaran (BPK) Dharma Bakti Ketapang sekaligus mendo'akan supaya aman dan diberkahi. Atraksi replika naga merupakan bagian perayaan Imlek / Cap Go Meh 2568 puncaknya akan dilakukan pada hari Sabtu (11/12).


Pada puncak Cap Go Meh memasuki kalender tahun Ayam api, maka selain atraksi naga, akan dilakukan pawai lampion dan kendaraan hias. Adanya kegiatan puncak kegiatan pada hari Sabtu disampaikan Xiang Rachman, panitia pelaksana kegiatan pada saat di teras Kantor Bupati Ketapang. "Kami mohon maaf jika dalam kegiatan ini menimbulkan gangguan lalu lintas, semoga kegiatan dapata memberikan hiburan dan dapat membantu pemerintah membangun pariwisata di Kabupaten Ketapang," katanya.
Penghormatan di Kantor Bupati Ketapang merupakan kunjungan yang pertama setelah ritual buka mata di Klenteng Tua Pekkong. Setelah dari Kantor Bupati Ketapang, selanjutnya akan mengunjungi Kantor Muspida Ketapang lainnya. Penghormatan diteras bangunan baru Kantor Bupati Ketapang, tiga ekor naga ini disambut Asisten II Setda Ketapang, H.Farhan SE Msi dan Asisten III setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam ME, didampingi,Alexander Wilyo SSTP, M.Si Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah dan para Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang.
Panitia meminta kepada Asisten II Setda Ketapang memberikan arahan. Asisten II Setda Ketapang yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati Ketapang menyebutkan pemerintah dan masyarakat menyambut baik atraksi naga sebagai bentuk berkembangkan budaya di Kabupaten Ketapang. Prosesi budaya yang membaur ditengah masyarakat ini menunjukkan kebersamaan dalam perbedaan. Hal ini harus dipelihara, sebagaimana keindahan dalam kehidupan bermasyarakat. Selain mengharapkan kegiatan berjalan lancar, Farhan berpesan keamanan masyarakat terus dijaga. "Jaga situasi yang kondusif dan pelihara kebersamaan dalam perbedaan", imbau Farhan.
Setelah memberikan sambutan, selanjutnya satu persatu ketiga naga melakukan penghormatan. Asisten II Setda Ketapang dan Asisten III Setda Ketapang berkesempatan mengambil salah satu jenggot naga dan memberikan ampau kepada Naga. Setelah prosesi selesai, replika Naga sempat foto bersama jajaran Pemkab Ketapang. Ketiga replika naga diiringi bunyi gendang melanjutkan atraksi meliuk di jalan S.Parman menuju Markas Kodim 1203 Ketapang, Mapolres Ketapang dan lain-lain. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007