home news guestbook contact
Senin, 16 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Manasik Haji Calon Haji Kabupaten Ketapang

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 21 August 2008, 5:27 pm


Penataran Manasik Haji untuk Calon Jemaah Haji Kabupaten Ketapang musim Haji 1429 H atau 2008 Masehi akan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama dimulai pada tanggal 25 sampai 28 Agustus 2008, tahap kedua diperkirakan setelah Idul Fitri atau mendekati keberangkatan ibadah haji yang akan dilaksanakan di mesjid Al-Ikhlas Ketapang.

Calon Jemaah Haji Kabupaten Ketapang untuk tahun 2008 sebanyak 250 orang yang berasal dari 15 Kecamatan Kabupaten Ketapang dan 43 Kecamatan dari Kabupaten Kayong Utara. Adapun jumlah calon jemaah Haji terbanyak untuk tahun 2008 yaitu Kecamatan Delta Pawan sebanyak 145 Orang.
Ketua Panitia Ibadah Haji Kabupaten Ketapang Drs. H. Mat Noor beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa untuk kegiatan manasik haji ini materi yang akan disampaikan meliputi antara lain Kebijakan Pemkab Ketapang dalam Pelaksanaan Ibadah Haji, beberapa materi yang berhubungan dengan tahapan-tahapan ibadah Haji, seperti Sa’i, Thawaf, ziarah dan akhlakul karimah. Juga diberikan materi tentang Asuransi Jiwa “Terlaksananya kegiatan Penataran Manasik Haji ini merupakan kerja sama Pemkab Ketapang dalam hal ini Bagian Sosial Setda Kab. Ketapang dengan Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang” katanya.
Adapun narasumber dalam manasik haji ini ditambahkan oleh Kabag Sosial Setda Pemkab Ketapang meliputi beberapa unsur antara lain Bupati Ketapang, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Ketapang, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh.
Menurut itu Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Ketapang Drs. H. Sabran Amin pada saat rapat di diruang kerja kerja beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa adanya penataran manasik haji ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan calon jemaah haji Kabupaten Ketapang sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nanti dapat melaksanakan dengan baik. Untuk itu diingatkan oleh Sabran kepada Panitia agar mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin terutama materi dan narasumber dalam pelaksanaan penataran manasik haji tersebut.
Sementara itu Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Sjamsju Ridjal menyambut baik adanya kerja sama antara Pemkab Ketapang dengan Kantor Departemen Agama Kabupaten Ketapang dalam pelaksanaan ibadah haji ini. Menurut Sjamsju walaupun secara fungsional pelaksanaan ibadah haji merupakan tugas Departemen Agama akan tetapi untuk kemaslahatan umat merupakan tanggung jawab bersama.
Adanya penataran manasik haji ini diharapkan oleh Sjamsju lebih pada porsi terbesar yaitu praktik dari kegiatan ibadah haji itu sendiri hal ini dikarenakan dapat memberikan gambaran pada kegiatan simulasi yang merupakan bentuk nyata dari tahapan-tahapan pelaksanaan ibadah haji baik di Madinah Al Munawarah maupun di Makkah Al Mukaramah. (asp)


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007