home news guestbook contact
Sabtu, 16 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sebanyak 1.124 PNS Diambil Sumpah/Janji

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 26 July 2016, 1:58 pm


KETAPANG – Sebanyak 1.124 aparatur sipil negara diambil sumpah/janjinya sebagai pegawai negeri sipil oleh Wakil Bupati Ketapang, selasa (26/7) pagi di halaman Kantor Bupati Ketapang. Wakil Bupati Ketapang, Drs Suprarpto S menegaskan Sumpah/janji yang telah diucapkan bukan sekedar formalitas.

“Untuk itu saya harapkan ada perubahan perilaku dan kinerja ke arah yang lebih baik untuk mendukung seluruh program pemerintah,” tegas Wakil Bupati Ketapang, Drs Suprapto S di halaman Kantor Bupati Ketapang.
Sebagai PNS diminta melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggungjawab. Agar setiap PNS mematuhi kewajiban dan larangan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. PNS yang diambil sumpah/janjinya sebagai PNS agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, penuh semangat serta dengan niat yang tulus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan kinerja terbaik bagi kemajuan Kabupaten Ketapang.
Wakil Bupati Ketapang menegaskan Pengambilan sumpah/janji PNS bertujuan untuk menciptakan pegawai negeri sipil yang disiplin, bersih, jujur, berkomitmen, memiliki loyalitas serta jujur, agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, setia kepada Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Republik Indonesia dan pemerinrtah serta sadar akan tanggungjawabnya sebagai aparatur Negara, abdi Negara dan abdi masyarakat serta dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Ketapang ini menyebutkan Sumpah atau janji yang diucapkan merupakan kesanggupan PNS terhadap Negara dan Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah. Karena itu harus dihayati isi sumpah/janji tersebut dalam setiap tugas sebagai PNS. Dengan menghayati sumpah atau janji akan disadari harus mampu menunjukkan komitment dan tanggungjawab moral terhadap konsekuensi dari pengangkatan menjadi PNS di lingkungan Pemerintah kabupaten Ketapang sekaligus menjadi rambu-rambu terhadap tindakan.
Sumpah/janji yang diucapkan tadi merupakan suatu ikrar yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, Masyarakat, bangsa dan Negara serta diri sendiri. Untuk itu, Wakil Bupati Ketapang mengharapkan kepada seluruh PNS di Lingkungan Pemerintah kabupaten Ketapang untuk tetap memegang teguh isi dan makna sumpah/janji PNS yang telah diucapkan sebagai landasan untuk membangun kinerja dengan penuh kejujuran, keikhlasan, tanggungjawab dan disiplin yang tinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Ketapang sehingga sumpah/janji yang diucapkan bukan sekedar formalitas.
Lebih lanjut disampaikan sebagian besar PNS yang belum mengangkat sumpah/janji PNS mempunyai masa kerja yang sudah cukup lama. Sesungguhnya kewenangan untuk pengambilan sumpah/janji PNS berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 496/UP-C/2012 tentang Pemberian Kuasa Penyelesaian Urusan Manajemen kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang telah dilimpahkan kepada masing-masing kepala SKPD. Namun, hingga saat ini baru dilaksanakan Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang melaksanakan. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi karena sumpah/janji PNS merupakan salah satu kewajiban PNS yang akan berdampak pada penjatuhan hukuman disiplin apabila dilaksanakan. “Untuk itu saya harapkan kepada setiap kepala SKPD agar dapat memberikan pelayanan kepegawaian sesuai dengan kewenangan yang telah diberikan, Jangan hanya menunggu instruksi atau perintah. Semakin tinggi jabatan yang saudara emban, semakin besar tanggungjawab saudara untuk memberikan pelayanan , bukan sebaliknya,” ucap Suprapto.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007