home news guestbook contact
Sabtu, 16 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Edukasi Masyarakat Melalui Rumah Pintar Pemilu

Pengirim : andy candra
Tanggal : 20 July 2016, 11:50 am


KETAPANG – Upaya meningkatkan pendidikan demokrasi masyarakat, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ketapang segera mewujudkan rumah pintar Pemilu.Rencananya, Kamis (21/7) mendatang ruang edukasi tersebut akan diresmikan penggunaannya.

“KPU Kabupaten Ketapang berkomitmen dalam mewujudkan rumah pintar pemilu. Realisasinya dalam waktu dekat jika tidak ada hambatan, Kamis ini akan launching penggunaannya,” kata anggota KPU Kabupaten Ketapang Alkap Pasti,
kemarin, di ruang kerjanya.
Ia mengatakan keberadaan rumah pintar pemilu ini merupakan salah satu sarana untuk memberikan pendidikan demokrasi. Menurutnya, yakni dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara kualitas maupun kuantitas dalam setiap  penyelenggaraan Pemilu dan menjadi pusat informasi kepemiluan.
“Rumah pintar pemilu ini dibangun dengan memanfaatkan ruangan yang ada di Kantor KPU Kabupaten Ketapang. Kini penataan ruangannya hampir selesai dilakukan dengan materi berupa informasi pemilu, panel dinding, maket denah TPS, poster/ leaflet/ booklet, maket diorama, alat peraga simulasi pemungutan dan penghitungan suara dan lain sebagainya yang terkait dengan pendidikan pemilih,” paparnya.
Alkap sapaan akrabnya mengungkapkan pengunjung yang berada di rumah pintar pemilu akan memperoleh berbagai informasi penting mulai dari Pemilu orde lama hingga Pemilu saat ini ataupun Pilkada langsung yang telah dilaksanakan. Dikatakannya, rumah pintar ini di desain sedemikian rupa dengan suasana seperti ruang pameran dan disesuaikan dengan kearifan lokal yang dapat membuat para pengunjung menjadi terkesan.
“Dalam pengelolaannya KPU Kabupaten Ketapang akan memprogramkan berbagai
kegiatan sehingga rumah pintar pemilu ini menjadi hidup dengan berbagai kegiatan demokrasi, dan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan rumah pintar ini sebagai sarana memperkaya ilmu pengetahuan. Kedepannya berbagai inovasi  dan kerjasama dengan para stakeholder akan dibangun untuk menjadikan rumah pintar pemilu tetap eksis dan ini menjadi salah satu point penting yang dibahas dalam Rakornas rumah pintar pemilu yang diselenggarakan di Denpasar Bali beberapa waktu lalu,” ungkap Alkap.
Ia mengharapkan dalam peresmian nanti dapat dihadiri komisioner KPU RI. Dikatakannya, KPU Kabupaten Ketapang sudah  kirim undangan dan melaporkan tentang kegiatan ini.
“Karena rumah pintar pemilu setiap saat selalu dimonitor oleh KPU RI dan terus dievaluasi keberadaannya. Dalam kegiatan launching juga akan mengundang pihak terkait seperti Forkopinda, SKPD terkait, partai politik, tokoh masyarakat, mahasiswa termasuk juga  siswa SMA/SMK yang akan diberikan fasilitasi pendidikan  pemilih atau dialog demokrasi” ujarnya.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007