home news guestbook contact
Rabu, 13 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Paripurna Penyampaian Pidato Pengantar Nota Keuangan APBD 2015

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 11 July 2016, 9:47 pm


Bupati Ketapang Martin Rantan SH menyampaikan pidato pengantar nota keuangan dan Raperda pertangungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2015, dalam rapat paripurna digedung DPRD Ketapang Senin (11/7).

Rapat paripurna DPRD Ketapang dipimpim langsung oleh Ketua DPRD Budi Matheus, S.Pd, didampingi wakil wakil ketua, Junaidi, SP, Jamhuri Amir SH dan Qadarini.SE. dalam rangka mendengarkan langsung Pidato Bupati yang diwakili oleh Sekda Drs. H.M. Mansyur. M.Si sekaligus melakuan penyerahan pidato beserta dokumen lainnya.
Dalam pidato Bupati yang disampaikn Sekda Drs HM Manyur mengatakan bahwa raperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD merupakan tanggungjawab moril eksekutif selaku pemegang mandat pelaksana anggaran daerah untuk menyampaikan berbagai pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2015.
Disampaikan Sekda Drs HM Mansyur Raperda Pertangungjawaban ini yang merupakan salah satu kewajiban konstitusional yang harus dipenuhi oleh pihak eksekutif untuk disampaikan kepada DPRD tentang pelaksanaan APBD Kabupaten Ketapang tahun 2015.
Seperti diketahui bersama Sekda Mansyur mengatakan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2015 telah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia perwakilan provinsi Kalbar yang disampaikan pada 21 juni 2016 dengan pernyataan opini wajar tanpa pengecualian (WTP ) hal ini secara umum keuangan Pemerintah Kabupatenketapang tahun anggaran 2015 telah sisajikan secara wajar
Sekda memamparkan realisasi pendapatan daerah tahun 2015 sebesar Rp, 1, 814, milyar, atau 114 persen daritarget pendapatan, yang bersumber dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan ain lain yang sah.
Sedangkan realisasi PAD Ketapang tahun 2015 sebesar Rp, 121, milyar atau sebesar 122,42 persen dari target yang ditetapkan,realisasi tersebut bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang disahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.
Diterangkan juga bahwa realiasi dana perimbangan Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2015 sebesar Rp. 1,393. milyar atau sebesar 98,81, persen, dari target yang ditetapkan, yang bersumber dari dana bagi hasil pajak, dana bagi hasil bukan pajak, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus.
Dan realisasi lain-lain pendapatan yang sah Kabupaten ketapang tahun anggaran 2015, sebesar Rp 298. milyar, atau 98,98 persen, dari target yang ditetaokan yang bersumber dari ana penyesuaian bagi hasil pajak provinsi dan pendapatan bagi hasil lainnya.
Untuk realisasi belanja tahun anggaran 2015 sebesar Rp, 1,849, Milyar dari rencana belanja yang ditetapkan realisasi belanja daerah tahun anggaran 2015 yang terdiri dari belanja langsung yang dianggarkan untuk gaji dan tunjangan pegawai, belanja bunga, belanja hibah, belanja bantuan sosial belanja bantuan keuangan kepada kecamatan dan desa serta belanja tak terduga, dengan realisasi sebesar Rp, 766, milyar, atau sebsar 94, 72 persen dari rencana belanja yang ditetapkan
Dan belanja tidak langsung yang dianggarkan terkait secara langsung dengan pelaksanaan program dan kegiatan yaitu belanja pegawai belanja barang dan jasa serta belanja modal, realisasi sebesar Rp. 1,082, milyar, atau sebsar 95, 08 persen dari rencana belanja yang ditetapkan
sedangkan realisasi belanja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tahun 2015, sebagai mana dirinci lebih lanjut dalam raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten yang disampaikan kepada dewan terhormat kata Sekda Mansyur.
berkaitan dengan bidang pembiayaan daerah per -31 desember 2015 sebesar Rp.147.milyar, realisasi pengeluaraan pembiayaan sebesar Rp. 907, juta rupiah.
Dan terdapat sisa lebih perhitungan APBD Ketapang tahun anggaran 2015 sebesar Rp. 111, milyar
Diakhir pidato Bupati Sekda Mansyur menyampaikan bahwa Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015, adalah merupakan penjelasan atas semua kegiatan pelayanan pemerintah didaerah ini dengan demikian raperda pertangung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2015merupakan gambaran umun hasil maksimal kegiatan serta jangkauan pelaksanaan program yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran 2015, dan Pemerintah daerah telah melaksanakan peraturan perundang-undangan yag berlaku sekaligus merupakan tahap evaluasi akhir secara tuntas atas pelaksanaan APBD.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007