home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wabup Suprapto Bantu Korban Puting Beliung

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 8 June 2016, 1:03 pm


Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto.S menyerahkan bantuan dana tunai kepada 25 kepala keluarga (KK) warga desa Sukabangun Dalam, Kecamatan Delta Pawan, dimana pada Minggu kemarin sebagian rumah warga terkena bencana angin puting beliung hingga merusak rumah tempat tinggal mereka yang bemukin tidak jauh dari pesisir pantai tersebut.

Penyerahan bantuan oleh Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto, didampingi oleh Drs Sopiar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan jajaranya, Kepala desa Sukabangun Dalam Pauzi, bertempat di Kantor Kepala Desa Sukabangun Dalam, Rabu, (8/6).
Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto S mengatakan bantuan yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten, terkesan agak terlambat dikarenakan penyaluran bantuan harus melalui mekanisme serta prosedur yang telah di tetapkan
“ Bantuan harus ada SK Bupati dasar itulah Pemkab memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah bencana alam “ kata Wabup Suprapto.
Wabup menerangkan bantuan dari Pemkab ini juga tidak sesuai harapan warga yang terkena bencana, karena keterbatasan dana yang ada juga Pemkab belum lama ini sudah memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Kecamatan Tayap dan Kecamatan Sandai.
Bencana alam angin puting beliung yang melanda warga Suka bangun dalam ini menurut Wabup telah dilakukan peninjauan lapangan oleh BPBD dengan menginventarisir berapa keluarga yang terkena musibah dan akibat kerusakan yang ditimbulkan bencana angin puting beliung.
“ Bantuan ini bervariasi, besaran bantuan tergantung kerusakan yang terjadi “ kata Wabup menjelaskan.
Berdasarkan data dari BPBD Ketapang, bantuan yang diberikan dengan total Rp. 35 juta rupiah, yang dibagi kepada 25 kepala keluarga, dengan besaran bantuan mulai dari Rp. 1 juta sampai dengan Rp, 7.500 ribu rupiah, tergantung kerusakan rumah warga.
“ memang bantuan tidak sama besarnya tetapi ini bentuk kepedulian Pemerintah dalam meringankan beban warga korban bencana angin puting beliung “ ujar Wabup.
Untuk itu Wabup meminta kepada Kepala Desa dan jajarannya, untuk mengerjakan perbaikan rumah warga yang rusak mengutamakan pengerjaannya secara gotong royong, dengan demikian diharapkan Wabup warga yang rumahnya rusak dapat segera diperbaiki dan bisa rampung sebelum lebaran akan datang.
Kepada warga yang terkena musibah Wabup memberikan motivasi agar selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian alam yang tidak bisa diprediksi oleh manusia.
“kita sebagai manusia ini lemah dihadapan Tuhan, mudah-mudahan setiap kejadian dapat kita ambil hikmahnya “ ucap Wabup.
Wabup juga mengingatkan masyarakat yang berada di pesisir tetap waspada bencana angin puting beliung karena tidak bisa di prediksi kejadian dimana dan bisa sewaktu waktu.
“ sebagian besar masyarakat Sukabangun dalam ini bekerja sebagai nelayan harus mewaspadai denga tidak melakukan kegiatan pada kondisi cuaca yang agak ekstrim “ ucap Wabup Suprapto.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007