home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Hari Libur Bupati Blusukan Tinjau RKK, Mess Graha BK dan Lapangan Sepakat

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 6 April 2016, 2:59 pm


Bupati Ketapang Martin Rantan, SH Hari Minggu (3/4/2016) usai istirahat setelah melaksanakan Ibadah Misa Hari Minggu menggunakan waktunya untuk blusukan, tempat-tempat yang ditinjau diantaranya Mess Graha Basuki Rakhmat, Jln. Basuki Rakhmat Ketapang, Radio Kabupaten Ketapang (RKK), Gedung Pastori GPIB Ebenhaezer Ketapang dan gedung yang konon disiapkan untuk Gedung Musium Ketapang yang terletak di areal Lapangan Sepakat, Kelurahan Sampit Ketapang.

Kepala Bagian Humas Setda Ketapang Drs. Nugroho W. Sistanto, M. Si. menjelaskan blusukan sendiri mengandung banyak arti tapi blusukan yang dimaksud disini adalah sebagai apa yang dulu dikenal dengan Turun Kebawah atau Turba untuk mengetahui secara langsung kondisi fisik di lapangan,
“ yang mana hal ini sangat berharga sebagai salah satu input (masukan) dalam proses pengambilan keputusan “ ujar Dia yang Ikut dalam kegiatan blusukan Bupati Ketapang Martin Rantan, SH dengan beberapa staf dan ajudan bupati yang membantu tugas-tugas kesehariannya,
Nugroho memaparkan dalam proses managemen, blusukan atau turba ini merupakan salah satu fungsi memperoleh input atau masukan. Input atau masukan dijelaskan Dia dalam proses managemen dapat dilakukan secara formal melalui laporan resmi staf atau bawahan tetapi dapat juga dilakukan secara informal salah satunya melalui blusukan itu sendiri, “kedua metode tersebut sama sama memegang peranan yang penting dalam proses managemen “ papar Dia.
Kabag Humas mengutip dari penjelasan Bupati Ketapang Martin Rantan, SH bahwa blusukan yang dilakukannya ini tidak lain adalah untuk percepatan perwujudan visi dan misi Kabupaten Ketapang 2016-2021.
Adapun Visi yang akan dicapai adalah Kabupaten Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera, yang akan diwujudkan dengan mengemban 6 misi yaitu (1) melaksanakan kepemerintahan yang baik (2) meningkatkan infrastruktur daerah (3) meningkatkan perekonomian masyarakat (4) meningkatkan kualitas sumber daya manusia (5) pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (6) meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang tetap memperhatikan lingkungan.
Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut tidaklah mudah, perlu kerja keras, dan kesungguhan, kerja, kerja, dan kerja. “ Kalo hanya mengandalkan jam kerja dari Senin – Jum’at tidaklah cukup, maka meskipun Hari Minggu begini saya sempatkan untuk blusukan dan saya akan terus lakukan ini “ kata Kabag Humas Nugroho menyampaikan keterangan Bupati.
setelah itu Bupati melakukan rapatn dengan SKPD terkait guna membahas berbagai hal berkaitan dengan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan, “ Untuk itu, seluruh SKPD, dunia usaha (swasta), dan masyarakat harus bersinergi mewujudkan Kabupaten Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera “ tandasnya.
Terkait dengan hal tersebut diatas pada Hari Senin (4/4/1016), dilaksanakan rapat yang mengundang seluruh Kepala SKPD, Asisten Sekda Ketapang, Kepala Bagian dilingkungan Setda Ketapang dan para Kepala Bidang pada seluruh dinas dan badan, dan hasil blusukan pada Hari Minggu (3/4/16) menjadi bahan yang disampaikannya pada rapat SKPD tersebut.

Pada rapat SKPD tersebut Bupati Ketapang menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD agar sering turun ke lapangan, melihat kondisi riil yang ada di masyarakat , lihat dan cari tahu apa yang dapat diperbuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat sangat menantikan peran kita selaku aparatur pemerintah, selaku pelayan, sebagai abdi masyarakat

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007