home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PHBI Kabupaten Ketapang Gelar Sunatan Massal di Matan Hilir Utara

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 8 February 2016, 3:39 pm


KETAPANG – Suara tangisan anak-anak usia sekitar 10 tahun tak terhindarkan di Puskemas Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Sabtu (6 Februari 2016).

Sebanyak 50-an anak mengikuti khitanan (sunatan) massal yang dilakukan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Ketapang. Sunatan massal ini semula diagendakan akan dibuka oleh Penjabat Bupati Ketapang, Kartius, tetapi diwakilkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Ketapang, Hj.Utin Syamsiah.
Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, disampaikan dukungan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan sunatan massal. Karena itu diharapkan kegiatan ini dapat diikuti denngan sebaik-baiknya dan terus ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang. “Kegiatan khitanan massal seperti yang akan kita laksanakan sekarang ini merupakan kegiatan yang bersifat sosial dan sangat membantu terutama kepada masyarakat yang kurang mampu,” kata Pj Bupati Ketapang melalui Kabag Kesra Setda Ketapang.
Oleh karena itu, ia mengajak hendaknya kegiatan ini dibudayakan untuk mendidik masyarakat agar bersifat sosial dan peduli terhadap penderitaan orang yang kurang mampu.Disampaikan, juga bahwa kondisi perekonomian saat ini sudah stabil. Masyarakat diajak untuk dapat mempertahankannya. Selain itu disampaikan bahwa sedikit demi sedikit pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan perekonomian.
Selain itu, Pj Bupati Ketapang melalui Kabag Kesra Setda Ketapang berharap agar anak-anak kita dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jangan sampai pendidikan anak terputus di tengah jalan. Karena itu sebagai orang tua, maka kita harus mendorong kehidupan masa depan anak-anak kita. Sehingga mereka akan menjadi sumber daya manusia yang dapat berperan secara luas dan memacu proses pembangunan masyarakat.
Tidak kalah penting adalah pendidikan agama yang diberikan anak-anak. Ilmu peengetahuan, dan pemahaman keagamaan akan menentukan kecerdasan dan kemampuan anak bangsa dimasa yang akan datang. Dikatakannya, salah satu tugas pokok pembangunan kita adalah meningkatkan kecerdasan dan membentuk kepribadian bangsa agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi bangsa yang maju, berbudaya dan terhormat. **


Manfaat Khitan (Sunat)

Bagi pria Muslim, sunat merupakan hal yang wajib dilakukan.. Selain karena agama, sebenarnya ada manfaat lain dari sunat.Dalam agama Islam, sunat (disebut juga khitan atau sirkumsisi) merupakan kebiasaan yang merupakan kelanjutan dari millah atau ajaran Nabi Ibrahim a.s. Kala itu, Nabi Ibrahim a.s. (80 tahun) disunat dengan alat yang disebut qadum. Sebenarnya, kapan usia yang tepat untuk disunat? Tak dibatasi usia. Sesungguhnya, tujuan utama dari bersunat adalah membersihkan diri dari berbagai kotoran serta penyebab penyakit yang mungkin melekat pada ujung penis atau zakar yang masih ada kulupnya. Ketika bersunat, kulup yang menutupi jalan ke luar urin dibuang, sehingga kemungkinan kotoran untuk menempel atau berkumpul di ujung penis jadi lebih kecil. Ini karena penis lebih mudah dibersihkan. Terlepas dari ajaran agama dan kepercayaan tertentu, khitan sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan. Dari beberapa sumber di media online, berikut beberapa manfaat dari sunat bagi kesehatan pria.

1. Manfaat sunat untuk menjaga kebersihan.
Dengan sunat, akan membuat pria lebih mudah membersihkan penisnya. Sunat dapat menghindari penumpukan kotoran. Sebab setelah kencing, biasanya masih ada tersisa di kulit (kulup penis) yang akhirnya dapat menyebabkan iritasi kronis. Kebersihan penis tentu bisa melindungi pria dari berbagai penyakit menular. Selain itu bagian ujung penis pria merupakan tempat tumbuhnya banyak bakteri. Jika tidak dikhitan, pria berisiko menderita inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

2. Manfaat sunat untuk menghindari kanker prostat.
Penelitian di Universiy of Quebec’s INRS-Institut Armand-Frappier di Montreal, Kanada menyebutkan bahwa sunat akan mengurangi risiko terinfeksi penyakit kelamin menular yang menjadi salah satu penyebab kanker prostat.

3. Manfaat sunat untuk menghindari HIV.
Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Menurut penelitian Dr. Lance Price dan rekan-rekannya dari George Washington University, AS, sunat dapat mengurangi resiko terinfeksi HIV hingga 50 persen. Penelitian tersebut dilakukan dengan membandingkan orang yang mengikuti sunatan masal yang dilakukan di uganda dan yang tidak mengikuti sunatan masal tersebut. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa setelah disunat, jumlah total bakteri yang ada di kulup penis partisipan menurun secara signifikan. Selain itu prevalensi bakteri anaerob (organisme yang tak dapat hidup tanpa oksigen) menjadi berkurang. “Anda menghilangkan kulupnya dan jumlah oksigen yang ada di penis menjadi meningkat sekaligus menurunkan kelembabannya. Dengan mengubah ekosistem yang ada di penis maka penis tidak menjadi sarang virus.

4. Manfaat sunat untuk menghindari infeksi ginjal & kandung kemih.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Brian Morris, profesor ilmu kedokteran molekular dari Sydney Medical School, University of Sydney, disebutkan bahwa anak laki-laki yang tidak dikhitan sepuluh kali lebih rentan terserang infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra daripada bocah yang dikhitan.

5. Manfaat sunat sebagai penyumbang Bakteri Baik.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Indiana University, populasi bakteri baik secara signifikan dipengaruhi oleh sunat. Bakteri baik tersebut berperan sebagai pelindung. Oleh karena itu sunat atau khitan diketahui dapat mengurangi risiko tertular HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Nah, dimanakah letak bakteri baik tersebut pada penis? Bakteri tersebut terletak di bawah kulup penis.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007