home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wonderfull Sail2Indonesia 2015, Bupati Ingatkan Jadi Tuan Rumah Yang Baik

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 7 October 2015, 4:07 pm


Peserta perahu layar wonderfull Sail2 Indonesia 2015 akan melakukan persinggahan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sukabangun pada tanggal 13 Oktober 2015. Ada sebanyak 51 kapal dari delapan negara yang ambil bagian dalam relly perahu layar internasional ini. Mereka akan berada di Ketapang selama empat hari dari tanggal 13 Oktober 2015 sampai 16 Oktober 2015.

Mematangkan kedatangan penyambutan perahu layar internasional, Pemkab Ketapang kembali menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Ketapang, Kartius SH, M.Si, Selasa (7/10) di pendopo Bupati Ketapang. Rapat ersebut dihadiri Polres, Kodim 1203 Ketapang, DPRD Ketapang, Perbankan, BMKG, Adpel, seluruh SKPD, dan lain-lain. Penjabat Bupati Ketapang, Kartius SH, M.Si sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan penghargaan yang sangat besar kepada Pemkab Ketapang. Sehingga ditunjuk sebagai tuan rumah dalam persinggahan event berskala internasional. Dimana, dari tanggal 13 -16 Oktober 2015, Kabupaten Ketapang akan disinggahi oleh perahu layar dari delapan negara. Menurut Kartius ada sebanyak 51 kapal dan kurang lebh 200 lebih personil yang hadir di Ketapang.
“Kami panitia dan SKPD akan siap menyambut kedatangan tamu pada tanggal 13 Oktober 2015,” ujar Kartius, Pj Bupati Ketapang dalam rapat koordinasi di pendopo Bupati Ketapang.
Setelah mendengar laporan dari panitia, maka diketahui SKPD yang dilibatkan sudah melakukan persiapan, dan tinggal menunggu “hari H” saja. Pemkab Ketapang sudah melakukan koordinasi dan menyiapkan keamanan. Dari penegasakan Dandim 1203 Ketapang dan Wakapolres Ketapang, dipastikan instansi mereka akan melakukan pengamanan. Mereka akan siap mengamankan Wonderfull Sail2 Indonesia.
Penjabat Bupati Ketapang meminta kepada Ketua Panitia (Dinas Budparpora Ketapang) untuk lebih proaktif lagi mempersiapkan diri. Apalagi, ini merupakan gawai internasional yang melibatkan beberapa negara. Disinilah wajah dan martabat bangsa dipertaruhkan. Karena itu, kegiatan ini harus dipersuapkan secara lebih matang lagi. Demikian juga lokasi tersebut dilakukan pembenahan, dan perhatikan kebersihan secara maksimal. Termasuk juga, dilokasi kegiata dipasang umbul-umbul, perhatikan kesopanan, kerapian, dan jangan sampai ada pihak-pihak yang dapat mengganggu rasa nyaman turus mancanegara selama melakukan persinggahan di Kabupaten Ketapang.
Kartius juga mengingatkan, kantor-kator dan persimpangan dipasang umbul-umbul. Para kepala instansi teknis diminta untuk berani berbuat dan berinisiatif untuk memeriahkan kegiatan ini. “Kegiatan yang dilakukan di Ketapang ini, adalah gawai besar karena menyangkut harkat dan martabat bangsa, saya mengimbau kita sebagai masyarakat dapat menjadis tuan rumah yang baik di event internasional ini,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Ketapang, Budi Mateus menegaskan DPRD Ketapang sangat mendukung adanya Wonderful Sail2 Indonesia 2015 yang melakukan persinggahan di Kabupaten Ketapang sebelum melakukan perjalanan ke Karimata dan kepulauan Riau. Untuk mensukseskan kegiatan ini, ia mengingatkan seluruh SKPD terkait untuk dapat mengkoordinir masing-masing kegiatan sehingga mampu memberikan kesan yang baik kepada turus mancanegara. Komandan Kodim 1203 Ketapang dan Wakapolres Ketapang juga menyatakan dukungannya untuk mengamakan kegiatan tersebut.
Demikian juga dengan kesiapan Adpel, BMKG, dan lain-lain termasuk pihak perbankan.
Dalam paparan yang disampaikan Kepala Bappeda Ketapang, Drs H.Mahyudin M.Si bahwa Kabupaten Ketapang menjadi salah satu titik labuh persinggahan rally perahu layar internasional. Hal ini sangat strategis, karena
Relly kapal layar (Yacht Rally) merupakan reli kapal layar internasional untuk mempromosikan wisata dan percepatan pembangunan daerah kepulauan terpencil. Terutama dalam mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.
“Setelah Wonderful Sail2 Indonesia 2015 ini akan ada lagi Sail Karimata 2016 yang dipusatkan di Kayong Utara,” kata Mahyudin.
Dengan mempromosikan potensi wisaa daerah ini diharapkan dampaknya akan dirasakan para pelaku usaha kecil dan menengah, dan jasa travel perjalanan dan hotel-hotel di Ketapang. Sebab, tidak menutup kemungkinan pemilik kapal pesiar yang akan datang adalah para pemilik modal yang bakal akan berinvestasi di Ketapang. Apalagi Kabupaten Ketapang cukup strategis. “Untuk sukses kegiatan langka ini tim agar selalu berkoordimasi,” ujar Mahyudin, dalam rapat koordinasi SKPD di Aula Bappeda Ketapang (30/9) pagi.
Karena itu, Mahyudin berharap Kabupaten Ketapang dapat menjadi tuan rumah yang baik. Seluruh elemen masyarakat harus mengedepankan keramah tamahan sehingga dapat memberikan kesan yang baik. Kepada masyarakat internasional, harus kita jelaskan kebijakan pemerintah seperti pembangunan sektor perkebunan, perikanan, pertambangan dan lain sebagainya.
Sementara iu, ketua panitia penyambutan Rally Perahu Layar Internasional Wonderfull Sai2 Indonesia akan dilakukan penyambutan. Menurut Plt Kadis Budparpora Ketapang akan dilakukan penymbautan dengan tarian seni budaya Dayak dan Melayu, tarian dan musik tradisional. Selain itu, para turis mancanegara akan melihat hasil kerajinan masyarakat Ketapang, tempat sejarah seperti Kraton Matan, rumah adat, makam Tanjung Pura wisata kuliner khas ketapang, tempat – tempat rekreasi seperti pantai ‘Hiking Tracking’, wisata sungai. “Kemudian pada tanggal 16 Oktober 2015, akan dilakukan acara pelepasan peserta Wonderful Sail2Indonesia yang akan melanjutkan pelayaran menuju Kepulauan Riau,” ujar Cipriana Lestari, Plt. Kadis Budparpora Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007