home news guestbook contact
Minggu, 18 November 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pj Bupati Ketapang Tinjau Pasar Rangga Sentap

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 13 September 2015, 1:22 pm


Kabut asap yang menyebabkan gangguan pada sarana transportasi ternyata tidak berpengaruh signifikan bagi ketersediaan bahan sembilan bahan pokok di Kabupaten Ketapang, khususnya menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2015. Ketersediaan kebutuhan sembako tersebut dipastikan setelah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Pj Bupati Ketapang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Tradisional Rangga Sentap, Sabtu (12/9) pagi.

Pj Bupati Ketapang, Kartius SH, M.Si meninjau Pasar Rangga Sentap, mulai dari melihat penjualan ikan segar, sayur, sembako, ayam, daging dan lain-lain. Inspeksi mendadak tersebut didampingi langsung Kepala Dinas Koperasi UKM Perindag, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Kabag Perekonomian, Kabag Humas, Kabag Umum, Pol PP dan Lain-lain. Dalam inspeksi mendadak tersebut,Pj Bupati Ketapang berdialog dengan para pedagang. Ia menanyakan langsung ketersediaan pasokan pasokan ikan, sayur, sembako dan lain-lain. Demikian juga dengan kendala di pasar dan lain-lain. Selain itu, Kartius dan rombongan juga mengecek ketersediaan ternak di rumah potong hewan.
Menjelang Idul Adha 2015, ketersediaan daging sapi menjadi perhatiannya. Pj Bupati Ketapang kemudian melakukan dialog dengan Marzuki. Dari dialog tersebut di ketahui kebutuhan daging dihasilkan dari sapi yang dihasilkan oleh petani ternak yang ada di daerah ini. Demikian juga dengan distribusi daging sapi dan lain-lain.
“kebutuhan daging dan sembako menjelang Idul Adha dan kebutuhan hari-hari masyarakat, tampaknya tidak ada pengaruh, karena rata-rata pasokan daging sayur yang dibutuhkan masyarakat merupakan hasil bumi setempat, hanya tadi sebagian telur didatangkan dari Singkawang, sebagian lagi berasal dari petani ternak Ketapang,” kata Kartius, Pj Bupati Ketapang usai melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Rangga Sentap.
Terkait dengan fasilitas pasar Rangga Sentap, ia melihat dibandingkan dengan daerah-daerah lain termasuk sudah cukup memadai. Banyak fasilitas yang diperlukan pedagang sudah dibantu oleh pemerintah daerah. Tentunya tidak semua fasilitas yang dibutuhkan harus didapatkan dari pemerintah daerah, karena pemerintah daerah juga keterbatasan anggaran. Dalam hal penjualan yang dilakukan masyarakat, dari hasil dialog langsung dirinya dengan pedagang, para pedagang tidak banyak keluhan. Mereka merasa nyaman dan tenang berdagang. Tetapi ada beberapa keluhan dengan munculnya pedagang yang berdaga g diluar pasar rangga sentap. Kondisi tersebut, ia menilai sesuatu hal yang dapat dimaklumi. Karena itulah, ia meminta kepada pedagang maupun pengelola pasar Rangga Sentap memperhatikan kebersihan pasar. Kalau pasar bersih dan tidak bau, mungkin menjadi menjadi pilihan menarik pembeli untuk datang ke pasar Rangga Sentap.
“Kita minta bantulah kepada masyarakat dan pengusaha untuk sama-sama memperhatikan kebersihan pasar ini, sebab program apapun yang dilakukan pemerintah tanpa dukungan masyarakat dan pengusaha, maka tidak ada artinya, begitu juga sebaliknya, jadi sama-samalah kita mendukung agar semua pembangunan yang sudah terlaksana ini berjalan dengan baik,” ujar Kartius.
Sementara itu, Ir.Hj.Nurwanti MM, Kabag Perekonomian Setda Ketapang mengakui inspeksi mendadak ke Pasar Rangga Sentap salah satu tujuannya pengecekan harga dan ketersediaan sembako tindaklanjut mengenai gangguan transportasi sehingga berdampak pada ketersediaan sembako, khususnya menjelang Idul Adha. Disinggung kaitan melajunya nilai tukar rupiah dibanding dollar, Nurwanti mengatakan tidak pengaruh terhadap nilai transaksi di Pasar Ketapang. “Kondisi pasar cukup kondusif,” kata Nurwanti MM didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007