home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

JCH Ketapang Diberangkatkan ke Tanah Suci

Pengirim : andy candra
Tanggal : 5 September 2015, 3:21 pm


Jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Ketapang, sabtu (5/9) pagi diberangkatkan dari Bandara International Hang Nadim Batam menuju Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah, Saudi Arabia. Para jemaah calon haji asal Ketapang bergabung kloter 12 bersana dengan jemaah calon haji asal Kapuas Hulu, Landak, Melawi dan Sekadau.

Pj Bupati Ketapang, Kartius SH M.Si dan istri, Ny.Yuliana mengantar langsung jemaah calon haji Ketapang sampai ke embarkasi Batam bersama dengan Plt.Sekda Ketapang, Drs H.M. Mansyur M.Si serta Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP. Pelepasan JCH dilakukan diembarkasi Batam yang dilakukan oleh Gubernur Kalbar diwakili Asisten II Setda Kalbar, Lensus Kandri.
Pj.Bupati Ketapang, Kartius SH, M.Si mengatakan jumlah jemaah calon haji asal Ketapang yang diterbangkan dalam kloter 12 adalah yang terbesar, dibanding kabupaten lainnya. Yaitu berjumlah 178 orang, akan tetapi satu jemaah mengalami sakit sehingga yang berangkat adalah berjumlah 177 orang. Pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah jemaah haji Ketapang lebih dari 200-an. Namun, karena ada perluasan areal masjidil haram, maka kuota secara nasional juga mengalami pengurangan, termasuk juga Kabupaten Ketapang.
Minat masyarakat untuk menjalankan ibadah cukup tinggi, harapannya kedepan kuota haji Ketapang dapat ditambah. Selain itu,dalam mengantisipasi panjangnya masa tunggu, maka salah satu solusinya masyarakat dapat menabungkan ongkos biaya haji dibawah usia 17 tahun. Kebijakan pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat menabungkan biaya haji pada usia awal, diharapkan sudah bisa berangkat diusia muda. Seperti pada usia sekitar 27 tahun sudah bisa berangkat haji. "Jika saudara kita menabung diusia muda maka dapat berangkat awal," tegas Kartius, Pj Bupati Ketapang usai pelepasan jemaah haji di embarkasi Batam, Sabtu (5/9).
Terkait dengan kesehatan jemaah, Pj.Bupati Ketapang didampingi Plt Sekda Ketapang, Drs HM Mansyur M.Si dan Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP, mengatakan sudah ada tim kesehatan, ada dokter. Selain itu ia yakini jemaah Ketapang akan selalu sehat. Sebab, para jemaah berangkat dengan niat yang tulus, maka diyakini Tuhan Yang Maha Esa juga memberikan kesehatan kepada jemaah sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan lancar.
"Makanya pada saat pelepasan kemarin saya bilang, mudah-mudahan obat-obatan tidak digunakan, kalau tidak digunakan berarti tidak ada yang sakit, dan kondisi jemaah semua dalam keadaan sehat," ujar Kartius.
Menurut Mazdjad, Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam bahwa jemaah yang diberangkatkan melalui kloter 12 terdiri dari 178 JCH Ketapang, 89 jemaah Kapuas Hulu, 79 jCH Melawi, Sekadau 47 orang, Landak 44 orang, 3 jemaah asal Sanggau, dan 1 jemaah asal Kabupaten Kubu Raya. Ia menjelaskan dari 178 jemaah calon haji Ketapang, satu diantarnya tidak bisa berangkat karena mengalami sakit. Jemaah akan diberangkatkan dari bandara international Hang Nadim Batam menuju Bandara international King Abdul aziz Jeddah. Dalam kesempatan itu disampaikan juga informasi pemondokan jemaah selama di tanah suci. Setelah diberangkatkan ke Tanah suci, jemaah akan kembali ke tanah air dijadwalkan pada tanggal 14 Oktober 2015.
Sementara itu, Asisten II setda prov kalbar Lensus Kandri menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Kalbar. Jemaah calon haji dimintanya benar-benar melaksanakan ibadah haji sebaik mungkin. Selain itu, para dikatakannya merupakan duta bangsa, karena itu diharapkan dapat menjaga nama baik dan martabat bangsa. Selain itu, ia meminta kepada para tim yang ditunjuk dalam memberikan pendampingan dan pelayanan kepada para jemaah, untuk benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab. Sehingga pelaksanaan ibadah haji berjalan derngan lancar.
Para jemaah yang berangkat dengan niat tulus dan suci, diharapkan juga selalu mendoakan Kalbar. Begitu, agar terus menjaga kesehatan. Makan-makanan yang bergizi sehingga kesehatan selalu terjamin. Perlunya menjaga kesehatan, apalagi kondisi cuaca di Tanah Suci berbeda dengan di Tanah Air. "Berdasarkan informasi, suhu di sana relatif panas, sekitar 45 derajat celsius, untuk itu jemaah harus menjaga kesehatan," katanya seraya berharap semoga menjadi haji yang mabrur. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007