home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Buka Pameran DAD Ketapang Gawe Adat Sarana Perekat Antar Etnis

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 22 August 2015, 1:49 pm


Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si membuka pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang tahun 2015, ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan karnapal mobil hias oleh 20 pengurus DAD kecamatan selanjutnya menuju tugu perdamaian di Jalan Merdeka untuk menggelar ritual adat tolak Bala di Kabupaten Ketapang. Sabtu (22/08).

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan tersebut, diramaikan 20 pengurus DAD se Kabupaten Ketapang yang menempati 20 stand exs Ketapang Expo, juga dilangsungkan berbagai pagelaran seni seperti pameran kerajinan kreasi budaya dayak dan aksesoris, olah raga tradisional, tari kreasi dayak pop singer.
Bupati Henrikus yang juga Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang dalam sambutannya mengatakan pameran DAD dan pentas seni budaya dayak di Kabupaten Ketapang sejak masa kepepmimpinannya selalu digelar setiap tahunnya.
" Ada dua agenda setiap tahunya pertama gawe adat dilaksanakan disetiap kecamatan yang diputuskan berdasarkan musyawarah, yang kedua pemeran pentas seni budaya dayak yang bernuansa ekonomi kreatif hingga membuat nilai tambah " kata Bupati Henrikus.
Pameran dan pentas seni budaya dayak di harapkan Bupati Henrikus sebagai sarana pemersatu dan perekat semua etnis yang ada di Kabupaten Ketapang, seperti etnis Tiong ha, Melayu, Paguyuban jawa dan etnis-etnis lain yang ada di Kabupaten Ketapang.
" Tidak ada diskriminasi, cita-cita saya semua kegiatan etnis ada disini " ujar Bupati.
Setelah menjabat sebagai Bupati Ketapang priode 2010-2015, Bupati Henrikus berpesan siapapun menjabat Bupati kedepannya kegiatan budaya seperti ini terus berlanjut, dan Ia segera mengakhir masa jabatannya pada 30 Agustus 2015,
" Sebentar lagi saya mengakhiri masa jabatan saya dan keluarga mohon maaf karena tidak semua harapan dapat dipenuhi, ada kesalahan dan kekurangan kita sudah berupaya, tetapi percayalah rencana Tuhan yang terindah, kita hanya berusaha tetapi Tuhan yang menentukan " pesannya.
Sementara itu Ketua harian DAD Provinsi Kalbar Drs Yakobus Kumis mengatakan pameran dan pentas seni budaya dayak yang diselenggarakan pengurus DAD Ketapang ini sangat strategis dalam rangka mengembangkan memelihara dan memantapkan adat istiadat bahkan kelembagaan masyarakat dayak.
" Kegiatan ini harus didukung dan memberikan apresiasi kepada Pak Henrikus Bupati Ketapang, banyaklah gawe dan rumah adat dayak yang ada harus dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya sebagai aset daerah " kata Yakobus.
Falsafah Adil ka Talino, Bacuramin ka saruga, Basengat ka Jubata menurut Yakobus sudah ditetapkan menjadi salam dayak sedunia dengan demikian adat budaya dayak menjadi kualitas tinggi dalam menghadapi persaingan secara nasional dinegara kesatuan Republik Indonesia.
" Saya mengharapkan kepada pemangku adat domong agar meletakan hukum adat pada tataran sebenarnya bukan dengan keinginan pribadi shingga tidak menjadikan hukum adat mencari keuntungan sendiri " himbaunya.
Kaitan menjelang Pilkada serentak pada 9 Desember 2015, Yakobus mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang agar menjaga keamanan dan ketertiban, dengan tidak melakukan tindakan yang anarkis.
Pameran yang mengusung tema Meneguhkan semangat dan persatuan kesatuan melalui pengembangan dan pelestarian seni budaya dan adat istiadat sebagai aset bangsa yang ber-bhinneka tunggal ika. dengan sub tema melalui pentas seni budaya Dayak Pameran Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang tahun 2015, kita perkuat ketahanan budaya dan adat istiadat sebagai kekayaan bangsa untuk memperkokoh ketahanan didalam mendukung pembangunan nasional yang adil dan merata.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007