home news guestbook contact
Selasa, 21 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PSBD dan Pameran DAD se-Ketapang Tahun 2015

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 21 August 2015, 4:14 pm


Acara rapat kerja, Pentas Seni Budaya Dayak dan pameran Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang, dipastikan akan dibuka pada Hari Sabtu (22/8) pagi. Pembukaan diagendakan sekitar pukul 09.00 WIB. Kepastikan kegiatan pembukaan dan peninjauan stand dimatangkan dalam rapat panitia, Kamis (20/8) malam di pendopo Bupati Ketapang.

Dalam rapat yang dipimpin ketua panitia pelaksana, Lorensius Sikat Gudag didampingi sekretaris panitia, Alexander Wilyo, dibahas juga dengan adanya karnaval atau display budaya Dayak yang akan dimulai dari pendopo menuju tugu tolak bala dan kembali ke pendopo Bupati Ketapang.
Sesuai dengan agenda rapat kerja, pentas seni budaya Dayak dan Pameran DAD Kabupaten Ketapang tahun 2015, kegiatan sudah diawali sejak Jum’at (21/8) dengan dimulainya upacara ritual adat “Bebuang Beempotek ke Perimbang Tanah Arai’. Demikian juga dengan gladi bersih pembukaan PSBD dan pameran DAD, teknikal meeting display budaya, dan lain-lain.Demikian juga kegiatan oada hari Sabtu (22/8) diantaranya pembukaan dan peninjauan stand, karnal (display budaya), penyisian lomba pop singer lagu Dayak, pementasan seni budaya Dayak.
Sedangkan kegiatan pads zhari Minggu diagendakan antara lain: lomba melukis perisai, rotan senggulong dan tengkukuyong berambeh, festival tari Dayak Kreasi pementasan seni budaya Dayak. Selanjutnya kegiatan pada hari Senin (24/8) diagendakan diantaranya; Ritual peletakan batu pertama pembangunanRumah Adat Dayak Kabupaten Ketapang, lanjutan lomba melukis perisai, lomba sumpit, dan lomba memindang beras, maupun lomba peragaan busana Dayak. Kegiatan pada hari Selasa (25/8) diagendakan diantaranya rapat kerja DAD, lomba melukis kanvas dn lanjutan lomba melukis perisai, lomba becuncong, lomba tongkat longgak/tungkah Dayak, pengumpulan lomba melukis perisai, dan lanjutan lomba melukis kanvas, lomba becuncong dan lomba tongkat longgak/Tungkah Dayak, final lomba pop singer lagu Dayak, pementasan seni budaya Dayak, dan pembagian hadiah olahraga tradsional. Agenda kegiatan hari Rabu (26/8) diantaranya adalah lanjutan lomba melukis kanvas, pementasan seni budaya dari DAD Kecamatan se-Kabupaten Ketapang, dan pembagian hadiah olahraga tradisional. Kemudian pada hari Kamis (27/8) diagendakan pengumpulan hasil lomba melukis kanvas, penutupan PSBD dan pameran DAD Ketapang tahun 2015, pembagian hadiah lomba pop singer lagu dan peragaan busana Dayak, lelang hasil lomba melukis perisai dan kanvas, pementasan seni dari DAD kecamatan se-Ketapang , dan bedansai bersama.
Ketua panitia rapat kerja, PSBD dan DAD Kabupaten Ketapang 2015, L.Sikat Gudag didampingi Sekretaris panitia, Alexander Wilyo mengharapkan partisipasi seluruh panitia untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
Ia mengungkapkan suksesnya kegiatan merupakan usaha dan upaya semua pihak, khususnya panitia yang terbentuk. Apalagi dari keterbatasan alokasi anggaran, diakui kerja panitia merupakan gotong royong. Karena itu ia berharap event tersebut dapat menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan dan melestarikan seni budaya daerah khususnya budaya Dayak serta lebih mempererat tali persaudaraan antar sesama anak bangsa. “Dalam melestarikan seni budaya Dayak, kita harapkan semua seksi dapat bekerja sebaik mungkin,” kata L.Sikat Gudag dalam rapat panitia di pendopo Bupati Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007