home news guestbook contact
Selasa, 21 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Semarak Ramadhan Komunitas Motor Gelar Permainan Meriam Karbit

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 17 June 2015, 11:08 pm


Komunitas pengguna motor custom Japs & Bratstyle Indonesia (JBI) Ketapang, menggelar permainan meriam karbit dan kreasi seni rumah ibadah diatas ponton, aktivitas para komunitas motor tersebut bertujuan memeriahkan Ramadhan 1436 H sekaligus melestarikan seni budaya permainan rakyat di Bumi Ale-ale ini.

Permainan meriam karbit yang digelar komunitas JBI Ketapang ini berlangsung selama bulan Ramadhan yang akan diakhiri dengan kreasi seni rumah ibadah diatas ponton yang akan melewati sungai pawan tidak jauh dari jembatan Pawan I pada penutupan kegiatan nantinya.
Wakil Bupati Ketapang H Boyman Harun SH mengatakan kegiatan permainan meriam karbit dan hias ponton di Sei Pawan ini mempunyai nilai sejarah budaya yang relegius bernuansa islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H.
" Saya bangga dengan komunitas pengguna motor custom Japs & Bratstyle Indonesia (JBI) Ketapang yang telah melaksanakan kegiatan ini " kata Wabup yang hadir didampingi Hj Rachmiwati Boyman Harun SH, ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan permainan meriam karbit di pinggir Sei Pawan Kelurahan Tengah Ketapang, Rabu (17/6).
Wabup Boyman memaparkan bahwa seperti diketahui lewat media masa bahwa selama ini komunitas motor sering dianggap negatif oleh masyarakat karena sering terjadi kumpulan pemuda yang duduk-duduk di pinggir jalan bahkan ada yang mabuk-mabukan sehingga mengganggu kemanan dan kenyaman pengguna jalan.
" Untungnya di Kabupaten Ketapang tidak ada geng motor seperti yang diberitakan di media masa itu " katanya.
Untuk itu Wabup menghimbau kepada para penggemar motor yang ada di Ketapang agar dapat melakukan kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga komunitas motor mendapat respon positif dari masyarakat maupun Pemkab Ketapang.
" Banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan seperti membantu membersihkan pengairan atau membersihkan pasilitas umum seperti makam, rumah ibadah atau kegiatan yang sifatnya memberikan manfaat dalam mengisi dan memaknai bulan suci Ramadhan yang penuh berkah " jelasnya.
selain itu Boyman juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada IMI Kalbar dibawah pimpinan Iin Solinar yang dapat membina para penggemar motor untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti diantaranya yang dilakukan Komunitas JBI kali ini.
Wakil Kepala Polisi Resort Ketapang (Wakapolres) Kompol Muhamad Sahroni Tohir mengatakan kegiatan budaya yang bernuansa islam yang digelar JBI Ketapang dalam menambah motivasi kekuatan iman agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik selama dibulan ramadhan ini.
Kompol Sahroni mengingat Kabupaten Ketapang selama ini daerah yang sangat kondusif sehingga dapat menarik para pelaku ekonomi untuk berinvestasi di Ketapang, " Kalau kondisi daerah aman proses pembangunan dapat berjalan lancar " katanya.
Selain itu Waka menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga suasana keamanan dan ketertiban invidu maupun dilingkungan masing masing dengan tidak memberikan kesempatan kepada para pelaku kejahatan terjadi
" Contohnya memarkir kendaraan sembarangan dengan membiarkan kunci masih di motor sehingga memberi kesempatan kejahatan terjadi " ujarnya
Untuk itu Wakapolres Kompol Sahroni berharap agar masyarakat selalu waspada dalam menjaga keamanan dengan tidak memberikan peluang kejahatan terjadi dimanapun berada.
Pembukaan permainan rakyat meriam karbit yang direncanakan selama sebulan oleh Panitia penyelenggara tersebut dihadiri juga , tokoh masyarakat tokoh agama, yang menyaksikan langsung penyulutan meriam bersama Wabup Boyman Harun, Kasdim 1203 Ketapang Mayor (Inf) Syukur Hermanto, Wakapolres Kompol Muhamad Sahroni Tohir diiringi pencak silat dari pelajar MAN Ketapang.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007