home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PT HSL Hibahkan Lapter

Pengirim : ALWIADI.
Tanggal : 10 March 2015, 3:45 pm


Presider PT .Harapan Sawit Lestari (HSL), Narong Song Cit, menghibahkan lapangan terbang seluas 14.25 hektar kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang yang diterima oleh Wabup H Boyman Harun SH, di Pendopo Bupati Ketapang Senin (3/10)

Dengan diserahkannya lapangan terbang ini kepada Pemkab Ketapang maka Lapter tersebut dapat dipergunakan penerbangan komersial oleh pesawat Aviastar dengan MVT PK-BRM yang berkapasitas 19 penumpang, penerbangan dua kali seminggu rute Ketapang -Manis Mata dan Manis Mata dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan biaya Rp, 300 ribuan.
Menurut Narong Song Cit penyerahan bandara udara milik PT HSL ini sebagai sebuah perkebunan kelapa sawit yang bertanggungjawab akan perannya dalam membantu Pemerintah membuka akses transportasi melalui udara.
" Sebelumnya lapter ini milik pribadi PT HSL dan digunakan untuk kepentingan perusahaan tetapi setelah diserahkan kepada Pemkab Ketapang dapat dipergunakan untuk penerbangan komersial " katanya.
Pentingnya membuka akses kewilayah kecamatan pedalaman, maka akan berdampak pada perkembangan ekonomi beberapa kecamatan disekitar seperti jelai Hulu Marau Singkup dan tumtabng titi dapat menikmati akses penerbangan komersial.
" Dibukanya akses penerbangan ini sejalan dengan samangat CSR PT HSL dalam membangun wilayah pedalaman dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya " jelas Narong Song Cit.
Wabub H Boyman Harun mengucapkan terima kasih atas penyerahan lapter milik PT Hsl kepada pemkab Ketapang, dengan demikian menurut Wabub jarah tempuh Ketapang-Manis Mata dengan pesawat udara dapat ditempuh cuma 30 menit, sementara selama ini masyarakat menggunakan jalur darat memerlukan waktu sampai 7 jam.
" Pemerintah sangat bertrima kasih kepada perusahaan dengan demikian masyarakat dapat terbantu " katanya.
Dibukanya akses penerbangan komersial untuk publik rute Ketapang -Manis Mata dan Manis Mata Ketapang ini Wabub Boyman berharap agar terus berlanjut dan menjadi perhatian Instansi terkait
" Kepada lending sektor terkait agar terus mengawasi dan memelihara Lapter yang ada dan terus melihat perkembangan untuk kemungkinan dibuka Lapter perintis yang ada di wilayah lain " harapnya.
Sementara itu Kadis Perhubungan Farhan SE M.Si mengungkapkan proses hibah lapangan terbang PT HSL kepada Pemkab Ketapang yang akan dipergunakan untuk penerbangan umum merupakan.
" Kementerian Perhubungan RI tahun 2016 ini telah menganggarkan untuk pembangunan terminal bandara Manis Mata " kata Farhan.
Menurut Farhan kondisi lapangan terbang Manis Mata saat ini masih tanah belum beraspal sepanjang 1200 meter, " Tahun depan juga akan kita bangun runway sepanjang 800 meter agar dapat didarati peswat jenis casa kapasitas penumpang 19 orang " jelasnya.
pebangunan bandara perintis di Kecamatan Ia berharap agar akses kekecamatan menjadi lancar dan terbukanya peluang-peluang ekonomi masyarakat di beberapa kecamatan " Kita berharap perbankan juga dapat membuka cabang-cabang, serta terciptanya peluang ekonomi untuk masyarakat sekitar, karena rute penerbangan Manis Mata Ketapang akan kita konekkan ke Jakarta " katanya.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007