home news guestbook contact
Sabtu, 14 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

BERANTAS ILEGAL LOGING PERLU SINERGISNYA MULT ISTAKHOLDER

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 3 April 2008, 10:10 am


Tindakan sistimatis untuk menekan ilegal loging sepertinya sulit tercapai jika hanya dilakukan secara parsial."Dengan kerjasama dan kemitraan yang sinergis antara pemerntah pusat, pemerintah Propinsi dan Pemeperintah Kabupaten maunpun stakeholder lainnya,Ilegal Loging secara bertahap akan teratasi". Kata H MORKES EFFENDI Spd Mh.

Keyakinan tsb ini diucapkannya ketka acara Dialog Rakyatbersama Dirjen Perlndungan Hutan dan Konservasi alam Departeman Kehutanan RI bersama EMHAAINUN NAZB di Lapangan Sepakat , 2/4/2008
Kemudian dikatakan Bupati Ketapang ini, Untuk mengalihkan aktiftas ilegal loging dan menciptakan lapangan kerja baru, Pemkab Ketapang terus menggaalakan perkebunan kelapa sawit,merevitalisasi pembangunan kebun karet rakyat Disamp[ing itu Pemkab Ketapang juga turut mendorong investasi pertambangan dan meningkatkan upaya produktifitas pertanian. perikanan serta peternakan. Tidak hanya itu saja, Pemkab Ketapang terus mendorong sektor pariwisata . Antara lain menbangun Hutan kota seluas 91 ha.Dan yang tak kalah pentingnya adalah upaya pemkab Ketapang dalam meningkatkan pembinaan masayarakat Desa Hutan dan memeberikan pelatihan pemberdayaan masyaraakat didalam dan disekitar hutan.Ujar Morkes Effendi.
Kemudian menurutnya, Pemkab Ketapang telah melakukan upaya maksimal untuk meminimalisir kegiatan ilegal loging.Tindakan persuasif melalui penyuluhan, pendekatan sosial budaya juga telah dan terus dilakukan.Tindakan refresif juga telah dilakukan,khususnya dalam mengamankan Inpres No 4 tahun 2005. Yakni dengan membentuk Tim Penertban Ilegal Logng dan peredarannya di Kabupaten Tanah Kayong ini." Operasi operasi penertiban secara rutin kita lakukan .Bak dalam dan luar kawasan hutan serta kawasan lindung. Kita telah berhasil mengamankan kerugian negara dan pelaku pelaku ilegal loging yang diajukan ke meja hijau" Tutur Morkes .
Masih menurutnya, Untuk memfasilitasi kebutuhan kayu lokal yang legal berdasarkan Peraturan Gubernur No 8 Tahun 2006,Pemkab Ketapang telah mengeluarkan Izin Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu berupa Ulin atau Belian / kayu besi .Baik itu untuk perorangan, kelompok masyaraakat dan koperasi . Kita juga turut mendorong hutan rakyat melalui payubg hukum surat keterangan asal kayu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa yang telah dtunjuk. Terangnya.
Kegiatan Dialog rakyat malam itu menghadirkan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Dep Kehutanan RI Ir DADORI berlangsung interaktif.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007