home news guestbook contact
Kamis, 24 Oktober 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Distanak Bengkalis Kunjungi Kebun Pangan di Muara Pawan

Pengirim : ALWIADI.
Tanggal : 3 December 2014, 5:06 pm


Ketapang, Program Pembangunan Kebun Pangan ( Food Estate ) skala besar dalam rangka ketahanan kemandirian dan kedaulatan pangan di Kabupaten Ketapang menjadi daya tarik bagi Kabupaten Bengkalis Riau untuk dijadikan percontohan dan dikembangkan didaerahnya.

" Kondisi geograpis, struktur tanah dan kehidupan sosial masyarakat Ketapang yang sama dengan Kabupaten Bengkalis membuat kami datang dan ingin melihat langsung program Food State yang dilaksanakan Ketapang dalam membuat produktif lahan gambut " kata Kadis Pertanian Bengkalis Drs Arianto dalam acara ramah tamah di aula Rapat Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Selasa, (3/12).

Kedatangan 20 orang rombongan dari daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia ini ingin melihat keberhasilan Kabupaten Ketapang dalam mengelola lahan gambut yang tersebar di Kabupaten ketapang dengan program Dem Area ini mendapat penjelasan langsung dari Kepala Bapeda Ketapang Drs H Mahyudin.M.si Kadis Pertanian dan Peternakan Ir Syamsu Ahkyar, dan dari PT Pupuk Indonesia.

Menurut Arianto Kabupaten Bengkalis banyak memiliki lahan yang bergambut dipesisir Pantai sehingga perlu dilakukan pengolahan dan tehnologi yang tepat dalam mengolah lahan yang bergambut dan membuat lahan tersebut menjadi produktif " Kami ingin melihat langsung program yang dilaksanakan Pemkab Ketapang dan Insha Allah tahun 2015 nanti kami akan datang kembali dengan membawa para petani untuk belajar dan praktik langsung di lokasi dem area " katanya.

Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang Ir Syamsu Akhyar menyambut baik kedatangan rombongan dari Kabupaten Bengkalis Riau ini, Ia menjelaskan kondisi geografis Kabupaten Ketapang yang begitu luas hampir menyamai luar provinsi Jawatimur dengan dengan pantai yang memanjang dan dan didukung daerah pedalaman yang cukup luas,dengan keterbatasan anggaran yanga ada

" Kami berharap dapat mengambil hikmah yang baik-baik dari kunjungan kerja ini yang dapat dijadikan contoh di daerah Bapak dan Ibu sekalian " harapnya.

Dijelaskannya bahwa Pemkab Ketapang berupaya melakukan terobosan yang dimotori Bapedda Ketapang dalam memanfaatkan lahan-lahan tidur yang ada dan mesinergiskan program Pemkab Ketapang dengan SKPD, BUMN, TNI-AD dan pihak sewasta.

Sementara itu Kepala Bapeda Ketapang Drs H Mahyudin M.Si mengungkapkan bahwa Pemkab Ketapang dalam menjaga ketahanan kemandirian dan kedaulatan pangan Pemkab Ketapang mengluarkan Kebijakan Pangan sesuai dengan visi dan misi Presiden Jokowi dan visi dan misi Bupati Ketapang dengan dikeluarkannya Perbub nomor 17 tahun 2013 tentang ketahanan pangan daerah.

" Dari 20 Kecamatan yang ada di Ketapang ada 7 wilayah kecamatan target penyediaan lahan pertanian pangan berkelanjutan seluas 100 ribu hektar " katanya.

Implementasi Pembangunan kebun pangan percontohan terpadu disebutkannya sinergi SKPD terkait di lingkungan Pemkab Ketapang pada kawasan food estate di Kecamatan Muara Pawan seluas 4 hektar dan danberkembang disekitar dem area 100 hektar oleh masyarakat setempat, sinergi TNI-AD dan pemkab Ketapang di kecamatan Matan Hilir Utara seluas 10 hektar dan sinergis Pemkab Ketapang dengan Lapas klas II B Ketapang di Kecamatan Delta Pawan seluas 0.8 hektar.

Usai mendengar penjelasan dari Kadis Pertanian dan kepala Bapeda rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis langsung diajak melihat kebun pangan sinergi dengan SKPD dan kebun percontohan pejabat daerah di desa Sukamaju Kecamatan Muara Pawan. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007