home news guestbook contact
Sabtu, 24 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

TPID Ketapang Terbentuk, Inflasi Terkendali

Pengirim : alwi/andi
Tanggal : 2 December 2014, 4:40 pm


Kenaikan tingkat harga rata-rata yang tidak diimbangi dengan kenaikan yang proporsional dari kualitas barang dan jasa yang dikonsumsi dapat difahami sebagai sebuah inflasi. Karena itu inflasi perlu dikendalikan. Menjaga keterjangkauan masyarakat akan barang dan jasa, maka di daerah dibentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sesuai Intruksi Mendagri Nomor 027/1696/ SJ.

Menurut Kepala Bagian perekonomian Setda Ketapang, Ir.Hj.Nurwanti MM bahwa dari beberapa kabupaten/kota di Propinsi Kalbar, Ketapang sudah membentuk TPID dengan SK Bupati Ketapang No.323/Ekon-B/2004. TPID Kabupaten Ketapang diketuai oleh Sekda Ketapang, dimana salah satu fungsi tim ini adalah menjaga keterjangkauan barang dan jasa di daerah untuk ditindaklanjuti oleh SKPD terkait sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing. Demikian juga, melakukan analisa terhadap sumber atau potensi tekanan inflasi daerah.
“Ksarena itulah kita melakkukan sosialisasi menindaklanjuti Instruksi Mendagri nomor 027/1696/SJ tentang Menjaga Keterjangkauan Barang dan Jasa di Daerah yang mengamanahkan untuk Kabupaten membenttuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah,” kata Ir.Hj.Nurwanti MM, Kepala Bagian Perekonomian Setda Ketapang yang bertindak juga sebagai moderatator dalam sosialisasi tersebut.
Dalam sosialisasi dihadirkan nara sumber diantaranya Sy.Abdurachman Kabid Perencanaan Ekonomi dari Bappeda Kalbar, Widarto dari BI Perwakilan Pontianak, Fachrul Amri Kabag Sarana Perekonomian Daerah Biro Perekonomian Kantor Gubernur Kalbar dan Kepala BPS Ketapang. Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si yang diwakili Drs H.Gurdani Achmad, Asistren I Setda Ketapang. Bupati mengatakan bahwa inflasi yang rendah dan stabil akan berdampak positif kepada kondisi social ekonomi masyarakat. Dengan terjaganya daya beli inflasi yang rendah dan stabil juga kondusif bagi para pelaku ekonomi untuk mengambil keputusan dalam melakukan kegiatan ekonomi. Dengan demikian berdampak positif kepada pertumbuhan ekonomi nasional.
Untuk mencapai inflasi yang rendah, pengendalian inflasi memerlukan kerjasama dan koordinasi lintas instansi, yakni antara Bank Indonesia dengan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. “Diharapkan dengan adanya harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan tersebut, inflasi yang rendah dan stabil dapat tercapai yang pada gilirannya mendukung kesejahteraan masyarakat,” tegas Bupati Ketapang diwakili Asisten I Setda Ketapang.
Ia menngharapkan Inflasi di Kabupaten Ketapang dapat terkendali dengan baik. Apalagi telah terbentuknya tim pengendalian inflasi daerah (TPID) yang diketuai oleh Sekda dan anggotanya dinas instansi terkait. Tim Pengendalian Inflasi Daerah juga diharapkan dapat melakukan pengendalian serta pengawasan terhadap inflasi sehubungan dengan naiknya harga BBM saat ini. Karena itu hendaknya dilakukan rapat koordinasi secara rutin dan berkala, dan melaporkan hasilnya kepada Bupati Ketapang.
Sosialisasi Inmendagri nomor 027/1696/SJ tentang Menjaga Keterjangkauan Barang dan Jasa Daerah disambut dengan baik. Bupati mengharap Narasumber dapat memberikan penjelasan yang baik kepada peserta sehingga ada timbal balik dan berdampak positip dalam menjaga kestabilan inflasi di Kabupaten Ketapang. Demikian juga, seluruh anggota TPID Kabupaten Ketapang, dinas instansi terkait dan pelaku usaha di Kabupaten Ketapang diharapkan dapat memahami apa yang disampaikan oleh narasumber. Sehingga, dapat menerapkan, menjadi modal dasar dan acuan dalam melakukan tugas serta fungsinya untuk pengendalian dan pengawasan inflasi di Kabupaten Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007