home news guestbook contact
Senin, 16 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Panitia Gelar Ritual Adat Jelang Pentas Seni Budaya Dayak

Pengirim : humas
Tanggal : 26 November 2014, 12:37 pm


TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Pentas Seni Budaya Dayak dan Pameran Dewan Adat Dayak (DAD) Ketapang 2014 akan dibuka atau dimulai secara resmi pada Rabu (26/11/2014) besok.



Kegaiatan ini dilaksanakan di Lapangan Pentas Seni dan Budaya Ketapang di samping Pendopo Bupati Ketapang hingga Senin (1/12/2014) mendatang. Namun sebelum resmi dibuka, panitia dan pengurus DAD Ketapang melakukan ritual adat sebagai pembuka, Selasa (25/11/2014).

Ritual ini bernama Gorok Tonah Duduk Gawai, Monak'n Ka' Antu Jolu Keramat Padagi, yang merupakan ritual adat Dayak Simpang Ketapang atau dari daerah Simpang.

Tujuan ritual ini untuk meminta mahluk halus yang disebut antu jolu penunggu alam bumi tanah keramat, agar menjaga dan melindungi kegiatan sehingga berlangsung aman dan lancar. DAD Ketapang dan panitia menganggap peran makhluk halus juga sangat penting untuk mensukseskan kegiatan.

"Kita membuka acara menggunakan ritual adat Dayak Simpang. Karena sebelumnya kita sudah menggunakan ritual adat dayak Pesaguan," kata Pelaksana Seksi Upacara Adat, Yohanes Alemmantara kepada wartawan di sela-sela ritual pembuka, Selasa (25/11/2014).

Pelaksanaan adat pembukaan ini menurutnya menggunakan ayam 6 ekor, tuak, kain putih. Ada pula telur, keminting atau kemiri, beras ketan, padi, tepung beras, pisau dan lain-lain. Semua barang-barang perlengkapan ini dihimpun dalam tempat yang disebut ancak.###

http://pontianak.tribunnews.com/2014/11/25/panitia-gelar-ritual-adat-jelang-pentas-seni-budaya-dayak

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007