home news guestbook contact
Senin, 20 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Memperkenalkan Potensi Ketapang di Pasar Internasional

Pengirim : andy candra
Tanggal : 9 October 2014, 9:57 pm


Pameran perdagangan skala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke-29 tahun 2014 kembali digelar oleh Kementerian Perdagangan RI.Momentum tersebut, tidak ketinggalan diikuti Pemkab Ketapang, bersama Kabupaten lainnya yang ada di Kalbar. Apalagi, pada ajang tahunan ini daerah menampilkan produk terbaik untuk para pembeli dalam dan luar negeri, terutama menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Pameran yang digelar dari 8-12 oktober 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mengangkat tema 'Toward Green Business', menampilkan beragam produk unggulan. Untuk Kabupaten Ketapang memamerkan CPO,kuliner, hasil kerajinan, batu permata, informasi potensi daerah baik pertambangan, perkebunan, perikanan, dan lain-lain yang bisa menggairahkan iklim perdagangan internasional. Untuk batu kecubung Ketapang, namun mampu menarik perhatian pengunjung. Apalagi, potensi batu kecubung baik yang sudah diasah maupun masih dalam bentuk asli batu alam diperlihatkan kepada pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut berasal dari berbagai negara.
Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM Perindag, Dra Razanah M.Si menyebutkan dalam partisipasi di pameran JIE Jakarta, Pemkab Ketapang cukup banyak membawa barang contoh produksi berbasis ekspor dan perdagangan internasional baik perkebunan maupun pertambangan. Potensi-potensi tambang dan perkebunan menjadi perhatian tersendiri pengunjung dari luar negeri.
"Cukup banyak pengunjung yang datang ke Stand Ketapang, tidak sedikit pengunjung dari luar negeri seperti negeria dan singapura, mereka sangat tertarik dengan potensi yang ada di Ketapang," kata Dra Razanah, M.Si, Kabid Perdagangan, Dinas Koperasi UKM Perindag Ketapang.
Selain pameran berbagai potensi daerah dari seluruh Indonesia, pameran tersebut juga diikuti berbagai delegasi negara sahabat. Pameran tersebut dibuka oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dan dihadiri juga oleh, presiden terpilih 2014-2019 Joko Widodo, Kepala BKPM Mahendra Siregar, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi dan lain-lain.
Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menargetkan nilai transaksi di Trade Expo Indonesia (TEI) 2014 mencapai Rp 9,6 triliun.ia menyebutkan, pameran tersebut ibarat gerai untuk mempertontonkan barang-barang Indonesia yang mempunyai daya saing tinggi. Selain produk kerajinan tangan, di dalam pameran tersebut terdapat mesin. produk otomotif, elektronik, makanan dan lain-lain. Dari pameran itu, kata menteri Perdagangan menunjukkan produk yang mampu bersaing di pasar internasional@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007