home news guestbook contact
Kamis, 23 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Dandim Ancam Pecat Pemakai Narkoba

Pengirim : andy candra
Tanggal : 5 October 2014, 1:48 pm


Kodim 1203 Ketapang melaksanakan tes narkoba terhadap seluruh anggotanya yang berjumlah 240 orang. Hal ini dilakukan untuk menggantisipasi anggota mereka yang terlibat narkoba.

Komandan Kodim (Dandim) 1203 Ketapang, Letkol (Inf) Asep Ahmad Hidayat, menegaskan bahwa dia tidak akan segan-segan memberikan sanksi kepada anggotanya yang terlibat narkoba. Bahkan, ia juga tidak akan segan untuk memecat anggotanya, meskipun hanya sebagai pemakai, sekalipun tanpa barang bukti.
"Jika benar terbukti hasilnya positif ada anggota memakai narkoba, maka yang bersangkutan langsung dilepas bajunya dan diproses sesuai hukum yang berlaku," tegas Dandim melalui Pasi Intel Kodim 1203 Ketapang, Eqnatius Andi, di sela-sela tes narkoba yang berlangsung di Aula Makodim 1203 Ketapang, kemarin (29/9).
Ia mengungkapkan jika tes terhadap anggota Kodim 1203 Ketapang rutin dilakukan tiap tiga bulan sekali. Tes kali ini, menurut dia, merupakan tahap ketiga pada tahun 2014, di mana sudah 75 persen anggota mereka yang diperiksa. Kemudian, dia menambahkan, pada tes keempat nanti, akan selesai dilaksanakan terhadap seluruh personel korps baju hijau tersebut.
"Di Kodim ini ada sekitar 240 anggota. Tes ini yang ketiga jumlah pesertanya 34 orang. Total dari tahap pertama hingga ketiga sudah 75 persen, sekitar 200 anggota. Jadi nanti pada tes keempat akan kita laksanakan tes pada anggota yang belum hingga 100 persen," paparnya.
Andi memastikan jika hasil tes sangat objektif, tanpa ditutup-tutupi dan melibatkan pihak luar. Sebab, dia menambahkan, setelah terindikasi ada anggota mereka yang memakai narkoba saat dites, maka hasil tes itu akan dikirim ke rumah sakit lagi, untuk dites lagi demi memastikan positif atau tidaknya.
"Tes di kita ada alatnya, test pack. Kalau memang pemakai, maka akan kelihatan di alat ini. Hanya kalau terindikasi, akan kita tes lagi ke rumah sakit. Jadi hasil yang kita peroleh benar-benar objektif," tuturnya.
Ia mengimbau agar anggota Kodim 1203 Ketapang jangan pernah ingin mencoba-coba memakai narkoba. Terlebih, diingatkan dia, terlibat sebagai pengedar, sehingga tentu saksinya akan lebih berat dibanding pemakai. "Untuk hukumannya tergantung proses, hanya kita tahu untuk kasus narkoba tetap berat," ujarnya.
"Jadi kepada anggota TNI, khususnya di Kodim 1203 Ketapang ini, jangan pernah hendak memakai narkoba, meski mungkin hanya sekadar coba-coba. Sebab kalau ketahuan, pasti kita saksi, apalagi kita tetap akan rutin melakukan tes narkoba ini," lanjutnya.(pontianakpost.com 01/10/2014 11:19:00)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007