home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Jelang Visit Sail Karimata 2015, Staf Ahli Kementerian Pariwisata Kunjungi Ketapang

Pengirim : andy candra
Tanggal : 4 October 2014, 4:27 pm


Visit Sail Karimata 2015 melibatkan empat propinsi yakni Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jambi dan Kalbar. Selat Karimata yang berbatasan langsung dengan Selat Sunda dan Selat Malaka sudah dikenal sebagai jalur pelayaran dunia. Karena itu memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan karena lokasinya yang strategis.

Plt Sekretaris Daerah Kabipaten Ketapang, Drs H.Mahyudin M.Si dalam koordinasi dengan pihak terkait bersama tenaga ahli Kementerian Kebudayaan Pariwisata Ekonomi Kreatif mengharapkan menjadi momentum bagi Kabupaten Ketapang untuk turut berperan dalam memperkenalkan kekayaan bahari. Ia mengharapkan partisipasi semua pihak agar dapat merumuskan aktor kunci pengembangan kepariwisataan, khususnya mensukseskan Visit Sait Karimata 2015.
Usai koordinasi dengan pihak Pemkab Ketapang yang melibatkan Bappeda Ketapang, Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ketapang, Dinas Kelautan dan Perikanan ketapang, serta Sekretariat Daerah Ketapang selanjutnya tenaga ahli Kementerian Kebudayaan Pariwisata Ekonomi Kreatif RI,melakukan pendataan ke lapangan. Sejumlah lokasi wisata sejarah dan budaya yang dikunjungi diantaranya rumah adat, objek wisata pantai, hutan kota, pusat rehabilitasi orangutan, kraton Matan Tanjungpura, situs sejarah Kramat Tujuh,Kramat Sembilan, Lapangan Sapu Jagat Tanjungpura, Makam Kerajaan Tanjungpura, serta situs-situs budaya di Kecamatan Tumbang Titi sampai ke Desa Serengkah. Kunjungan yang dilakukan Raymon Timotius Lesmana, Tenaga Ahli Pengembangan Wisata Layar Kementerian Kebudayaan Pariwisata Ekonomi Kreatif tersebut merupakan bagian dari koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk mengenai kegiatan apa saja yang nanti akan dilaksanakan. Dimana, dalam "Sail Karimata" akan digelar berbagai kegiatan seperti arung bahari, pameran, dan kegiatan memancing.
Selain mengunjungi potensi wisata sejarah dan budaya, tenaga ahli Kementerian Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melihat hubungan sejarah dan budaya dengan alur bahari. Sejarah panjang Kerajaan Tanjungpura, mulai dari peradaban Hindu sampai pasca kemerdekaan menjadi perhatiannya. Demikian juga dengan benda-benda sejarah dan budaya sebagai rekam jejak perjalanan kebudayaan masyarakat. Kondisi alur sungai, pelabuhan dari muara sungai sampai ke pedalaman juga taklepasdari kajiannya, khususnya dalam menentukan titik labuh kapal arung bahari. Momentum visit Sail Karimata 2015 menjadi momentum memperkenalkan potensi kepariwisataan yang ada di Ketapang kepada dunia internasional.
Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Ketapang, Alexander Wilyo, M.Si berharapdari koordinasi dan peninjauan di lapangan akan diketahui kekuatan, peluang, kelemahan, dan tantangan dalam pengembangan potensi mensukseskan Visit Sail Karimata 2015.
Untukdiketahui, Visit Sail Karimata 2015 merupakan tindaklanjut kesepakatan kerjasama pengelolaan Selat Karimata. Kerjasama pengembangan dan pembangunan yang melibatkan empat propinsi sekitar Selat Karimata.Percepatan dan perluasan program-progra prorakyat wilayah pesisir, tersebut dilakukan melalui peningkatan kehidupan dan pembangunan.Salah satu implementasi kerjasama tersebut dikembangkan Visit Sail Karimata 2015. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007