home news guestbook contact
Senin, 09 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PEMKAB GELAR SOSIALISASI

Pengirim : Aspul Anwar
Tanggal : 13 March 2008, 1:41 pm


Sosialisasi : Kades Teluk Bayur M.Zainol menyatakan dukunngan terhadap kehadiran investor dengan memahami situasi setempat dan saling menguntungkan.

Upaya Pemerintah Kabupaten Ketapang untuk mempercepat lajunya pembangunan perlu menggandeng pemilik modal atau investor dalam menggali potensi daya alam yang ada. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan pendapatan masyarakat sebagai modal pembangunan. Untuk peningkatan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan perlu ditingkatan dengan memberikan pemahaman melalui sosialisasi, agar tidak terjadi kesalahpahaman jika kehadiran perusahaan di sekitar lingkungannya. Drs M.Sera'ie Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Ketapang selaku Ketua Tim sosialisasi di Desa Muara Jekak Kecamatan Sandai, Rabu 12/3, mengatakan situasi Ketapang yang kondusif seperti sekarang ini perlu tetap kita jaga bersama yang merupakan modal dasar dalam berinvestasi. Untuk itu kita perlu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi investor yang melakukan kegiatan usahanya di daerah kita. Dan dengan sosialisasi hendaknya terjadi saling pengertian dan adanya pemahaman, dan apabila adanya permasalah dapat disikap dengan arif dan bijaksana, dan mengedepankan musyawarah dan mufakat, terang Sera'ie. Secara Tehnis materi sosialisasi disampaikan oleh oleh dinas terkait, seperti Dinas Energi,Sumber Daya Mineral dan Lingkung Hidup melalui Kasi Pertambangan Eldiyanto menjelaskan tentang tahap-tahapan yang dilalui oleh investor dalam melakukan kegiatan. Paling tidak ada 5 tahapan bagi perusahaan pertambangan, yaitu Kuasa Pertambangan (KP) penyidikan umum, KP ekplorasi,KP Eksploitasi, KP pengolahan dan pemurnian dan KP pengangkluan dan penjualan, semuanya ada batas waktu jelas Eldiyanto. Selain itu harus ada study kelayakan yang dimuat dalam dokumen amdal menyangkut aspek ekologi dan aspek sosial. Semua proses sudah ada aturan dan prosedurnya, dan apabila ada masalah yang belum jelas, hendaknya ditanyakan kepada orang yang paham atau instansi terakit, pintanya. Pendapatan daerah juga akan terdonkrak dengan adanya investor, seperti PPB, Pajak Penghasilan dan Iuran tetap. Sedangkan untuk desa juga sudah ada prosentase
nya, dan tidak hanya desa setempat saja, melainkan desa desa sekitarnya juga akan mendapatkan prosentase bagi hasil. Selain itu kehadiran investor dapat membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan multi player effec lainnya serta comonity deplopment (CD). Dari sosialisasi tersebut pada dasarnya masyarakat mendukung kehadiran investor di desanya, asal melalui prosedur dan bersosialisasi dengan aparat desa dan transparan. Hal ini tergambar dari pertanyaan dan pernyataan para Kades dan tokoh masyarakat yang hadir, baik Kades Sandai Kiri, Muara Jekak, Penjawaan dan Teluk Bayor Kecamatan Sungai Laor.
Kegiatan Sosialisasi berjalan lancar dan berlangsung di aula Kantor Desa Muara Jekak.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007