home news guestbook contact
Kamis, 30 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Proyek MP3EI di Koridor Ekonomi Kalimantan Segera Diresmikan dan Groundbreaking Oleh Presiden RI

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 2 September 2014, 6:08 pm


Peresmian dan groundbreaking proyek MP3EI di Koridor Ekonomi Kalimantan bakal dilakukan Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono melalui videoconference pada 5 September 2015. Videoconference antara Gubernur Kalbar dan Presiden RI akan berlangsung dari lokasi Pabrik Pengolahan Bauksit PT.Well Harvest Winning Alumina Refinery, di Dusun Sungai Tengar, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Memastikan pelaksanaan videoconference antara Presiden RI dengan Gubernur Kalbar berjalan lancar, maka seluruh SKPD dan pihak terkait, Selasa (2/9) melakukan rapat di ruang Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang. Rapat yang dipimpin Bupati Ketapang melalui Plt Sekda Ketapang, Drs H.Mahyudin M.Si tersebut, kembali akan dilanjutkan pada hari Rabu (3/9). Dari rapat tersebut dipaparkan Plt Sekda Ketapang bahwa penanggungjawab proyek akan menyiapkan tenda, panggung, podium, sound system, tenda konsumsi,dan segala perlengkapan di lokasi acara yang akan dijadkan teleconference. Sedangkan Pemerintah daerah menyiapkan undangan Gubernur kepada Muspida dan SKPD untuk mendampingi Gubernur saat teleconfenece dengan Presiden RI. Demikian juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat (PIC Koordinator Kemenko Perekonomian, 10 koridor ekonomi, PIC tim kerja koridor ekonomi) untuk melakukan finalisasi laporan Gubernur ke Presiden pada saat teleconference.
Didepan para kepala SKPD dan pihak perusahaan, dipaparkan Plt Sekda Ketapan tentang koordinasi dengan PIC koordinator kemenko Perekonomian terkait jaringan satelit yang akan digunakan untuk teleconference. Demikian juga melakukan koordinasi dengan PIC Koordinator Kemenko Perekonomian terkait lay out, tata letak acara dan backdrop. "Termasuk juga kepastian supply listrik di lokasi teleconference, dan persiapan akomodasi selama kegiatan teleconference," tegas Drs H.Mahyudin M.Si, Plt Sekda Ketapang.
Kabag Humas Setda Ketapang, Repalianto S.Sos, M.Si didampingi Kabid Perekonomian Bappeda Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si membenarkan rencana videoconfrence antara Gubernur Kalbar dan Presiden RI. “Peresmian dilakukan se-Indonesia, salah satunya adalah PT.WHW, pelaksananya langsung adalah Kementerian Koordinator Perekonomian,” tambah Repalianto.
Untuk diketahui bahwa PT WHW sudah memulai pembangunan pabrik pertengan tahun 2013. Perusahaan ini bagian dari Harita Group melalui unit usahanya, PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA), pemegang saham lainnya di PT WHW adalah, China Hong Qiao Group Ltd, Winning Investment (HK) Ltd, dan PT Danpac Resources Kalbar Investment. Perusahaan ini berkapasitas produksi sebesar satu juta ton per tahun.disampaikan Lie Feng Hai, Presdir PT WHW pada peletakan batu pertawa PT.WHW pada tahun 2013, diagendakan penambahan pembangunan berkapasitas 1 juta lagi, sehingga menjadi 2 juta ton akan dilakukan pada tahun 2017.
Hasil produksi alumina ini akan digunakan untuk kebutuhan alumina domestik, terutama bagi kebutuhan alumina di PT Inalum yang ada di Sumatera Utara. Ketika itu, Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo yang hadir dalam acara peresmian itu mengatakan, pemerintah menyambut baik rencana Harita Group membangun smelter. Pasalnya, ini sesuai yang diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.
Selain Wakil Menteri ESDM, upacara peletakan batu pertama pembangunan smelter ketika itu itu juga dihadiri langsung oleh Dirjen Minerba ESDM Thamrin Sihite, serta Dirjen Basis Industri dan Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto. Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, Wakil Bupati Ketapang Boyman Harun, Kapolda Kalbar dan Pangdam XII/Tanjungpura @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007