home news guestbook contact
Selasa, 21 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Permata Kecubung dan Kerajinan Rotan Pikat Pengunjung Kalbar Expo 2014

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 1 September 2014, 11:01 am


Kerajinan ayaman rotan dan permata kecubung dari Ketapang menjadi salah satu daya tarik dalam pameran Kalbar Expo 2014 yang diikuti 20-an Propinsi se-Indonesia. Begitu juga kuliner khas Ketapang seperti amplang selalu diminati pengunjung.

"Setiap hari pameran, pengunjung selalu meramaikan stand kabupaten Ketapang," kata Sy.Mahadi, salah satu Kasubbag di Bagian Perekonomian Setda Ketapang.
Adanya pameran seperti di Kalbar expo 2014 dinilai Ir.Hj.Nurwanti MM, Kabag Perekonomian Setda Ketapang cukup strategis. Selain diikuti 20-an propinsi se-Indonesia, momentum pameran juga sebagai jembata informasi untuk mempromosikan potensi unggulan daerah. Demikian juga interaksi dalam menambah wawasan sehingga hasil akhir dari kegiatan tersebut adalah mendorong dikenalnya potensi Kabupaten Ketapang secara luas dalam rangka membangun Ketapang lebih baik. Hal ini seiring dengan visi dan misi pemerintah daerah.
Pada pameran di Rumah Radakng, stand Ketapang yang difasilitasi Bagian Perekonomian Setda Ketapang sejak hari pertama selalu dipadati pengunjung. Ramainya perhatian pengunjung itu terlihat sampai pameran di tutup pada Hari minggu (31/8). Pengunjung tertarik terhadap produk kerajinan ayaman, permata kecubung, amplang, dan lain-lain.
Apalagi pada pameran yang dihadiri Menpora RI tersebut, Kabupaten Ketapang membawa langsung H.Moli, pengrajin ayaman rotan, bambu dan nipah. Selain memperagakan membuat ayaman, pengrajin juga langsung berbaur dengan pengunjung. Tak sedikit hasil kerajinan dari Ketapang langsung diborong pengunjung. Bahkan, sejumlah pengunjung juga melakukan pesanan.
Demikian juga dengan batu permata kecubung. Wawan sebagai pengrajin langsung melakukan interaksi dengan pengunjung. Makna yang terkandung pada batu permata warna ungu, bening,m hijau, kuning sampai merah muda dijelaskan oleh Wawan.
Batu cincin kecubung atau amethyst ini sejenis batuan mineral kuarsa. Orang geologi menyebut batu ini sebagai batu mineral supercomposite yang terdiri dari lamella seperti belang di antara bagian kanan dan kirinya sebagai akibat tekanan mekanikal di dalam lapisan bumi selama jutaan tahun.
Bagi masyarakat, selain bentuk dan keindahan permata kecubung, dipercayai juga kekuatan gaib. Karena itu, di pasaran dalam bermacam bentuk, harga batu kecubung berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan tergantung kualitas batu dan ukurannya.
Versi pedagang batu mulia, khasiat gaib dari batu kecubung akan keluar manakala batu ini dioleh secara alami, bukan menggunakan mesin gerinda dan pemoles. Selain melaksanakan puasa, para pembuat batu kecubung secara alami hanya menggosok-gosoknya dengan bambu hitam sampai betul-betul mencapai bentuk yang diinginkan.Kekuatan batu kecubung ini, selain berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya supranatural, diyakini oleh para penggemarnya bisa meningkatkan kekuatan batin, meredakan sakit kepala, bahkan bisa mencegah keracunan manakala air minum dicelupi batu kecubung atau cawannya sendiri terbuat dari batu kecubung.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007