home news guestbook contact
Sabtu, 14 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Secara sadar akan pentingnya hemat energi

Pengirim : Aspul Anwar
Tanggal : 18 December 2007, 2:51 pm


Buka kampanye : Drs.F.Sungkalang, asisten bidang Pemerintahan Setda Ketapang, membuka kampanye hemat energi, didampingi oleh Kadis ESDM & LH Ketapang dan nara sumber

Secara sadar akan pentingnya hemat energi, karena kondisi ini sudah sangat perlu kita lakukan, sebab semakin menipisnya cadangan energi yang ada. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Ketapang pada saat membuka kampanye hemat energi oleh Dinas Pertambangan dan Enrgi Propinsi Kalimantan Barat yang difasilitasi Dinas Energi, sumber daya mineral dan Lingkungan Hidup (ESDM &LH) Kabupaten Ketapang, diruang rapat Kantor Bupati Ketapang, Selasa 18/12. Selanjutnya Sungkalang mengucapakan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang atas dilaksanakannya kampanye hemat energi. Untuk itu, agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan dan menerima masukan dari nara sumber untuk dapat diterapkan baik secara pribadi, maupun dilingkungan masing-masing. Penerapan dapat dilakukan secara langsung dan bertahap, sesuai dengan situasi Kabupaten Ketapang, ujarnya. Sedangkan Hermanto dari Dinas Pertrambangan dan energi Propinsi Kalimantan Barat selaku nara sumber dalam paparannya mengatakan, kampanye hemat energi ini merupakan implementasi dari Inpres Nomnor 10 tahun 2005 dan Permen ESDM Nomor 31 Tahun 2005, Tentang Hemat Energi. Ada 4 hal yang melatarbelakangi perlunya hemat energi, jelas Hermanto. Pertama biaya pemakaian listrik yang semakin mahal,kedua,kebutuhan listrik dan alat listrik semakin meningkat, ketiga, mengurangi resiko pemakaian energi listrik dan keempatperlunya optimalisasi penggunaan energi alami. Selain itu Hermanto juga menjelaskan cara menghitung pemakaian energi di kantor dam format laporannya. Hal ini sesuai dengan Inpres Nomor 10/2005, yang menginstruksikan kepada pimpinan aparatur negara di Pusat dan Daerah,agar melakukan langkah-langka penghematan di Instansi masing-masing yang meliputi penerangan,pendingin rungan, perlatan listrik dan kendaraan dinas. Begitu juga Permen ESDM No 31/2005, bahwa Kantor Pmerintah mengurangi jam operasi perlatan, seperti Ac, eskalator, Lift dan mengatur suhu ruang ber AC serta mengurangi pencahayaan lampu assesoris.
Sementara itu Kepala Dinas ESDM dan LH Ketapang, Drs.H.Thorhan.T, mengatakan dengan terbatasnta sumber energi yang berasal dari fosil ini, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Dan adanya regulasi dari pemerintah, perlu kita pedomani dalam penerapan dilingkungan kerjanya masing-masing, Serta melaporkan penggunaan energi 6 bulan sekali kepada Bupati melalui Dinas ESDM dan LH Kabupaten Ketapang. Kampany dihadir oleh para Kabag TU dan Kasubbag TU pada Badan, Dinas dan Kantor se Kab.Ketapang. (asp)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007