home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Amplang dan Ikan Renyok, Laris di Yokyakarta

Pengirim : andy candra
Tanggal : 3 May 2014, 10:26 pm


WALAUPUN baru pertana kali pameran di Yokyakarta, ternyata cita rasa makanan khas Ketapang tak kalah bersaing dengan produk unggulan daerah lain.

Kenyataan ini menjadi sebuah peluang dan potensi untuk menggali produk unggulan daerah, khususnya meningkatkan pengemasan (packing) produk unggulan daerah. "Kualitas produk kita (Kalbar,red) sebenarnya tak kalah saing dengan daerah lain, tinggal kemasannya yang perlu kita tingkatkan," ujar seorang pengunjung Stan Ketapang yang berasal dari Kota Pontianak, Jum'at (1/5) di Ambarukmo Plaza Yokyakarta.
Makanan khas Ketapang yang cukup laris dalam pameran di Yokyakarta ini, diantaranya adalah amplang, jenurai, dan ikan renyok. Barang pameran yang dibawa hanya dalam bentuk contoh. Pengunjung yang menikmati rasa amplang terkesan. Tak heran, sampai hari kedua dilakukan pameran, ampalng dan renyok yang dipajangkan semakin berkurang jumlahnya.
Pameran yang diikuti 65 stand dari pemerintah daerah di Indonesia ini, penampilan stand Ketapang juga ditata menarik.
Berbagai daerah seperti Kabupaten Semarang, DI Yokyakarta, Kabupaten Pati, cilacap, Jombang, Samarinda, DKI Jakarta, Pasuruan. Demak, OKU Selatan Sumatera Selatan, Aceh,Sumedang.Kaltim, Bangka Belitung, Surabaya, Pemalang, Pasuruan, dan lain-lain meramaikan pameran ditengah kumpulan pengunjung mall terbesar di Yokyakarta dan Jawa Tengah.
Produk unggulan UKM Ketapang diperkenalkan diantaranya, hasil kerajinan tangan dari bambu, ayaman daun pandan, rotan, mandau, hiasan pengantin, souvenir, ale-ale, amplang, jenurai dan lain-lain. Pada umumnya dalam pameran. Ditampilkan handicraft, garmen, makanan, minuman, hasil kelautan, kehutanan dan pertanian, hasil karya UMKM dan koperasi baik langsung maupun binaan dari pemerintah daerah, BUMN, BUMD dan swasta nasional.Pameran diikuti pemerintah daerah, kementerian terkait, BUMN, BUMD, swasta nasional, lembaga keuangan dan perbankan, perusahaan UKM, asosiasi industri dan perdagangan. Pameran terselenggara atas kerjasama berbagai pihak diantaranya, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Disperindagkop DIY, Dekopin dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (IECA). "Melalui pameran ini kita perkenalkan potensi daerah," kata Kabag Perekonomian, Setda Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007