home news guestbook contact
Minggu, 19 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Kampanye Rapat Umum 16 Maret

Pengirim : andy candra
Tanggal : 3 March 2014, 10:03 pm


Kmmpanye rapat umum partai politik peserta pemilihan umum dan calon dewan perwakilan daerah akan dimulai pada 16 Maret 2014 ini. Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan kampanye tersebut berlangsung selama 21 hari.

“Memang berdasarkan peraturan diatur kampanye selama 21 hari. Namun dalam masa jadwal kampanye, KPU meliburkan kampanye pada 31 Maret 2014, karena pada hari itu merupakan hari raya nyepi,” kata Anggota KPU Ketapang Kartono Nuryadi, kemarin.
Ia mengatakan karena ada libur nasional sehingga jumlah hari kampanye tinggal 20 hari, bagi peserta Pemilu melakukan kampanye rapat umum. Komisioner yang membidangi Teknis Penyelenggara mengemukakan pengaturan jadwal kampanye merupakan wewenang KPU yang berkoordinasi dengan pimpinan Parpol.
“KPU melakukan pengaturan jadwal kampanye rapat umum dan lokasi yang direkomendasikan sampai di tingkat kecamatan. Agar kampanye dapat berjalan dengan tertib, aman dana lancar,” ungkapnya.
Kartono menyebutkan penyusunan jadwal kampanye rapat umum berdasarkan regulasi yang ada dengan prinsip perlakuan yang sama terhadap semua Parpol peserta Pemilu. Sebutnya, tentunya menyesuaikan dengan jadwal kampanye rapat umum yang telah disusun KPU dan KPU Provinsi Kalbar.
“Kampanye rapat umum di Kabupaten Ketapang dibagi ke dalam empat zona. Satu zona terdiri dari satu sampai dua daerah pemilihan, hal ini didasarkan agar semua Parpol mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkampanye dan memudahkan pihak keamanan dalam melakukan pengamanan,” papar Kartono.
Pria murah senyum ini mengatakan dari 20 hari masa kampanye tersebut terdapat delapan yang kosong. Dikatakannya, namun Parpol boleh melakukan kampanye yang bukan berbentuk rapat umum atau iklan media massa cetak dan elektronik, seperti pertemuan tatap muka maupun pertemuan terbatas dengan jumlah massa tidak lebih dari 250 orang.
“Jadwal kampanye rapat umum ini telah disosialisasikan kepada pimpinan Parpol pada 2 Maret yang dihadiri pihak Kepolisian dan instansi terkait. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan masih ada dua Parpol lagi yang belum menyerahkan susunan juru kampanye,” katanya.
Kartono menyebutkan adapun partai yang belum menyerahkan daftar nama juru kampanye yakni Partai Hanura dan PPP. “Kami berharap Parpol belum menyerahkan SK pengangkatan tim kampanye atau petugas pelaksana kampanye segera menyampaikan. Hal ini penting sekali dalam rangka legalitas pelaksanaan kampanye rapat umum karena petugas kampanye mesti ditunjuk ditetapkan oleh pimpinan Parpol dan disampaikan ke KPU dengan tembusan Panwaslu," tuntasnya.@ (KPU Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007