home news guestbook contact
Senin, 27 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Musrenbang Kecamatan, Desa Dominan Usulkan Pembangunan infrastruktur

Pengirim : andy candra
Tanggal : 19 February 2014, 11:02 pm


Pembangunan insfrastruktur seperti jalan, jembatan, gedung sekolah, polindes, saluran irigasi, tambahan ruas kelas, dan rumah guru menjadi skala prioritas untuk dibangun di Kecamatan Simpang Hulu.

Harapan masyarakat desa tersebut disuarakan kembali dalam Musrenbang kecamatan di Balai pertemuan Kecamatan Simpang Hulu, Selasa (18/2). Musrenbang Kecamatan dibuka Camat Simpang Hulu, Yulianus dihadiri kepala desa, BPD, konsultan PNPM, organisasi masyarakat serta SKPD Pemkab Ketapang dan DPRD Ketapang.
Program prioritas hasil musrenbang tingkat desa disampaikan kembali para kepala desa, misalnya usulan dari desa Kenanga mengharapkan pada 2015 dibangun jemabatan, balai desa, RGS dan lain-lain. Begitu juga Desa Balai Pinang mengharapkan pembangunan jembatann mobil pengakut sampah karena sudah ada dibangun TPA pada KM 8, jembatan gantung, asrama bagi anak-anak sekolah, dan lain-lain. Harapan pembangunan juga disampaikan kepala desa Balai pinang Hulu seperti jaringan listrik, penambahan ruang belajar, rehab jembatan, peningkatan ruas jalan. Harapan yang sama juga disampaikan kepala desa Legong, merawa, labai Hilir, pauh concong, sekucing kualan dan lain-lain. Usulan yang disampaikan pada umumnya terkait dengan pembangunan skala prioritas untuk tahun 2015.
Menurut Gorego, A.Md, ketua panitia pelaksana musrenbang kecamatan bahwa pertemuan ini merupakan forum musyawarah tahun di tingkat kecamatan. Ini merupakan dasar rencana kerja kecamatan.Tujuan menetapkan prioritas utama kecamatan dan Menetapkan usulan desa. Menetapkan program dan prioritas kecamatan.
"Kita berharap usulan yang disampaikan, nantinya dapat terakomodir dengan tujuan membangun Kecamatan Simpang Hulu lebih baik lagi," ujar sekretaris kecamatan Simpang Hulu.
Sementara itu, Camat Simpang Hulu, yulianus yang membuka Musrenbang kecamatan menegaskan bahwa selain para pemangku kepentingan dalam musrenbang ini diundang juga PLN. Harapannya supaya usulan masyarakat bisa disinergiskan dengan program PLN. Semua usulanm dari desa sudah masuk ke kecamatan, karena musrenbang tingkat desa dilakukan sejak 10 januari lalu. Program yang masuk ke kecamatan tersebut baik program prioritas maupun penunjang. "Inilah yang menjadi dasar bagi kami melakukan musrenbang tingkat kecamatan," kata Camat Simpang Hulu.
Ia menjelaskan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk diusulkan.terutama, masalah Simpang Hulu jalan kecamatan ke desa perlu perhatian khusus. Sebab, kalau transportasi susah semua akan terkena imbasnya. Ia mencontohkan tentang jalan trans kalimantan. Dalam dua tahun perkembangan kecamatan simpang hulu cukup signifikan.
Sementara itu, Kepala Bappeda Ketapang melalui Sekretaruis Bappeda Ketapang, M.Israk SE MM adanya musrenbang ini dalam kerangka mewujudkan visi dan misi pemkab ketapang yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Karena itu konsep pembangunan pemkab ketapang berupaya mewujudkan masyarakat yang aman, membangun sarana transportasi yang strategis, mewujudkan perekonomiann berbasis tani, mewujudkan aparatur yang bersih dan berwibawa dan lain-lain. Visi dan misi ini termasuk pada rencana pembangunan jangka menengah 5 tahun. Karena itu, musrenbang dilakukan dasarnya skala perencanaan. "Melalui musrenbang ini dapat dihimpun usulan pembangunan sehingga dapat diintegrasikan dengan perencanaan ditingkat kabupaten," ujar M.Israk panjang lebar. @ (andy candra/humas setda ktp)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007