home news guestbook contact
Sabtu, 18 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Latihan SimuLasi Pengamanan Pemilu

Pengirim : andy candra
Tanggal : 8 February 2014, 12:30 am


Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan berlanjut ke Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI semakin dekat. Mematangkan pengamanan Pemilu Polres Ketapang melakukan gladi kotor simulasi pengamanan pemilu.

Gladi kotor dilakukan di halaman kantor Bupati Ketapang, Jum'at (7/2) pagi.
Selanjutnya gladi resik akan dilakukan pada hari Senin (10/2) pagi. Kemudian pada Hari selasa (11/2) dilakukan gelar operasi di halaman Kantor Bupati Ketapang yang disaksikan Kapolres Ketapang dan unsur Muspida Ketapang.
Pantauan humas Setda Ketapang, Gladi kotor di halaman Kantor Bupati Ketapang dilibatkan sebagian besar personil Polres Ketapang. Latihan tersebut dipantau oleh Wakapolres Ketapang bersama sejumlah perwira Polres. Dalam latihan tersebut diperagakan bagaimana upaya pengamanan dilakukan Polres dari mulai tahapan kampanye,distribusi surat suara, pencoblosan, penghitungan suara, sampai ada upaya menginginkan dilakukannya massa tertentu untuk mengambil kotak suara, sampai terjadinya aksi pergerakan massaa. Antisipasi pengamanan dilakukan dengan berbagai upaya dalam rangka mejamin daerah ini tetap kondusif.
Kepolisian melibatkan 2 pleton brimob untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan.Pola pengamanan menggunakan pola rawan 1 rawan 2 rawan 3 dan rawan 4.Untuk rawan 1, yakni 1 polisi 3 TPS 6 linmas. Rawan 2, 1 polisi 2 TPS dan 4 linmas. Sedangkan rawan 2, 1 polisi 2 TPS, Sedangkan rawan 3, yakni 1 polisi 1 TPS. Kategori aman, 1 polisi 4 TPS 8 linmas.
Dalam gladi kotor diperagakan water canon membubarkan massa. Begiu juga Salah satunuya diperagakan bagaimana pihak KPU disekap oleh kelompok tertentu. Dalam upaya membebaskan sandera diperagakan tindakan diambil anggota Brimob, termasuk juga terjadi tembak menembak dalam pembebasan, dan korban yang disandera berhasil dibebaskan dalam keadaan selamat tanpa cedera. Adanya simulasi ini dala mengamankan pemilu berlangsng sukses. Mensukseskan Pemilu, dukungan semua pihak sangat penting, termasuk perlunya sinergi antara Polres dan pemerintah daerah, TNI, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan seluruh komponen masyarakat.@ (andy candra/Humas Setda Ktp)



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007