home news guestbook contact
Selasa, 20 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

PERSETERUAN SOAL BATAS 3 DESA SEMPAT MEMANAS

Pengirim : A. Rahman
Tanggal : 30 August 2007, 10:17 am


HENRIKUS ; HAK ADAT JANGAN DICAMPUR ADUKAN DENGAN BAYAS WILAYAH

Pertemuan membahas dan mencari titik temu soal batas 3 Desa masing masing Desa Harapan Baru ( Jelemuk-red) dengan Desa Merumbuk Kec Sungai Laur dan Desa Baya Kec Simapang Dua sempat memanas.
Pertemuan yasng difasilitasi pemkab Ketapang baru baru ini di Ruang rapat kantor Bupati Ketapang dihadiri 3 Kepala Desa dan perangknya termasuk ketua BPD masing masing Desa yang bertikai.
Sebelum memasuki pembahasan dan menuju titik temu permasalahan batas desas yang disengketakan, Wakil Bupati Ketapang Drs.Henrikus.Msi dihadapan sejum;ah undangan hari itu terlebih dahulu menjelaskan batas wilayah desa dalam fungsi pelayananan pemerintah ke masyarakat.
Dijelaskannya , sebagai fungsi pelayanan terhadap masyarakat,Batas wilayah Desa adalah melayani administrasi pembangunan, termasuklah urusan administrasi kependudukan.
" Bagaimanapun Hak adat atas tanah diakui oleh pemerintah.Jadi jangan campur adukan dengan Batas wilayah Desa. Tegas Henrikus.
Dikatakannya, Sebagai lembaga pemnerintahan, Desa memiliki otonomi yang seluas luasnya untuk membiayai rumah tangga Desa itu sendiri. Oeleh karenanya Kebijakan Desa jangan sampai melebihi kebijakan pemerintah Kabupaten." Batas Wilayah Desa tetap kewenangan Kabupaten yang juga tentunya melibatkan perangkat Desa.Kita tidak mau campur tangan orang lain diluar Perangkat Desa dan BPD.Orang luar belum tentu tau pasti dengan urusan dalam desa.Jadi Pemerintahan Desa jangan mudah terpengaruh" Harap Henrikus.
Demikian juga menurut mantan Kepala Bagian Pemdes ini, Badan Permusyawaratan Desa hendaknya senantiasa diberdayakan.Jangan kita mengurung diri sehingga masyarakatnya tak maju maju.Berubah terus ke kemajuan lebih baik dimasa masa kini dan mendatang. Orang lain sudah maju, masyarakat yang bertikai masih saja mempermasalahkan batas desa .Kapan Majunya ? , Tanya Henrikus.
Pemkab Ketapang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya senantiasa Welcome terhadap Investor.ASdanya invesor salah satu mempercepat pembangunan di desa.Disamping itu keberadaan Desa juga akan semakin mebningkat dari segi Pendapatan desa.
Soal Batas Desa ini serahkan dan percayakan ke Pemkab Ketapang .Tim yang turun nanti agar dibantu.SementarKumpulkan referensi .Yakinlah Tim yang turun benar benar Win Win Solution.Kedepankan musyawaran untuk mufakat.Hilangkan prasangka prasangka buruk. Sementara ini ini kita masih berpijak kepada SK BupatiKetapang tentang pembentukan Desa dan SK Bupati Ketapang No 1 Tahun 1979 tentang Batas Desa.Termasuk Batas Kecamatan yang dipersoalkan.
Demikian Humas Setda Kab Ketapang memberitakan. ) omn )

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007