home news guestbook contact
Senin, 22 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bangun Sanitasi,Perlu Dukungan Semua Pihak

Pengirim : andy candra
Tanggal : 5 November 2013, 4:19 pm


Menuju Milenium Development Gold, Indonesia terus mengembangkan program sanitasi yang berbasis masyarakat. Karena itu, Pemkab Ketapang sejak beberapa tahun terakhir sudah ambil bagian dalam Program Percepatan Pembangunan Pemukiman.

Seiring berkembangnya perekonomian, pembangunan sanitasi ini tidak hanya terfokus di perkotaan. Wilayah kecamatan juga menjadi bagian pembangunan sanitasi. Karena itu monitoring dilakukan secara berkala sehingga diketahui perkembangan pembangunan sanitasi yang sudah dijalankan. Harapannya, pemahaman masyarakat di pedesaan mulai menyadari akan pentingnya pembangunan sanitasi. Selain meningkatkan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat melalui berbagai sarana yang ada, pemerintah daerah juga terus membangun sarana air bersih, drainase dan lain-lain.
Upaya pembangunan seperti sarana air bersih dilakukan di sejumlah tempat. Terlihat pembangunan air bersih ini, salah satunuya akan dilakukan di Balai Bekuak, Kecamatan Simpang Hulu. Dimana, Pipa sarana air bersih sudah mulai ditempatkan di wilayah ini. Sekretaris camat Simpang Hulu membenarkan adanya sarana air bersih akan dibangun di Balai Bekuak. Demikian juga rencana beberapa tahun kedepan, di Balai Bekuak akan dibangun TPA (Tempat Pembuangan Akhir) bersamaan dengan rencana TPA Kendawangan dan TPA Sandai.
"Masyarakat disini (Balai Bekuak,red) sumber air bersih dari sumur, dalam waktu dekat akan dibangun sumber air bersih," kata Gerego, Sekcam Simpang Hulu.
Demikian juga dengan pemantauan di Kecamatan Nanga Tayap. Perubahan perilaku hidup sehat dan bersih juga dianggap penting oleh masyarakat. Peningkatan partisipasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat perlu terus ditingkatkan.Pentingnya pembangunan sanitasi di pemukiman diakui Aspul Anwar, anggota Pokja Sanitasi Kabupaten Ketapang bidang informasi dan komunikasi.
Dalam membenahi sanitasi di Kabupaten Ketapang, kata dia bahwa kelompok kerja sanitasi selama ini melibatkan sejumlah instansi terkait berupaya meningkatkan pembangunan sanitasi. Terutama,upaya memperbaiki perilaku masyarakat mewujudkan Indonesia bersih dan sehat di era Milenium Development Golds (MDGs). "Bicara soal sanitasi, ini bukan lagi urusan masing-masing individu, Perlu dukungan semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan swasta untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," tegas Aspul Anwar, anggota Pokja Sanitasi Kabupaten Ketapang.
Ia menjelaskan persoalan sanitasi tidak melulu hanya terkait dengan masalah kesehatan tetapi juga sangat besar pengaruhnya terhadap bidang-bidang lainnya. Karena itu perlu pemahaman yang sama membangun sanitasi sampai ke tingkat kecamatan.
Sebab, dari masyarakat membangun sanitasi maka banyak keuntungannya diantaranya; menghindari pertumbuhan ekonomi semu, menurunkan kesakitan diare, dan menurunkan angka kemiskinan. Demikian juga manfaat berlipat misalnya dalam pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Misalnya bagaimana pusat ekonomi yang sanitasinya baik akan banyak dikunjungi dibanding lokasi pasar yang sarana saluran airnya tersumbat sehingga menimbulkanb bau. Begitu juga jika sampah menumpk dan lain sebagainya.Keuntungan lainnya, adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007