home news guestbook contact
Senin, 22 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Mari Wujudkan Lingkungan Yang Bersih dan Sehat

Pengirim : andy candra
Tanggal : 24 October 2013, 1:54 pm


Menciptakan lingkungan bersih dan sehat, perlu dukungan semua pihak. Upaya menciptakan lingkungan sehat salah satunya meningkatkan partisipasi masyarakat dengan membuang sampah dengan benar pada tempatnya.

Menurut Hermanto S.Ip, Kepala Bidang TPA Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab.Ketapang perlu adanya kerjasama yang baik dalam penanganan sampah, terutama waktu pembuangan pada tempat sampah. Anggota kelompok kerja sanitasi Kab.Ketapang mengimbau warga agar membuang sampah pada pukul 18.00 sampai dengan 05.00 pagi. "Jangan buang sampah di tempat penampungan sementara pada siang hari," kata Hermanto S.Ip, Kepala Bidang TPA Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab.Ketapang
Imbauan kepada masyarakat ini sesuai imbauan Dinas Kebersihan dan Pertamanan nomor: 660/026968/DKPt/283. Ia menjelaskan dalam mendukung lingkungan yang bersih dan sehat, instansi mereka sampai saat ini memiliki armada dum truk sebanyak 6 buah, dan arm roll sebanyak 2 buah. Sampah yang dihimpun dari tempat penampungan sementara selanjutnya diangkut ke TPA yang ada di Sungai Awan Kanan, Kecamatan Muara Pawan.
Dalam pengolahan sampah di TPA tersebut mengacu pada UU No.18/2008, tentang pengelolaan sampah dengan system controled landfill. Dimana sebelumnya menggunakan system open dumping.
Selain pengumpulan sampah yang dilakukan petugas kebersihan, sekarang ini sudah ada warga masyarakat yang berinisiatif secara individu untuk membuang sampahnya langsung ke TPA." Hal ini memang diperbolehkan dan tidak dipungut bayaran, dan patut kami sampaikan apresiasi, seperti otoritas Pasar Rangga Sentap," ujar mantan camat Sandai.
Mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, ia berharap kedepan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah dengan aman benar semakin meningkat. Selain kesadaran masyarakat yang meningkat untuk menciptakan lingkungan sehat, Dinas Kebersihan dan pertamanan juga mengakomodir harapan masyarakat. Karena itu kedepan direncanakan pembangunan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Kecamatan. Rencana pembangunan tersebut diantaranya yaitu Sandai, Kendawangan dan Simpang Hulu.
Selain itu dalam pengelolaan sampah di Ketapang, adanya Proyek pembangunan TPA bantuan APBN 2010 -2011 diharapkan terus dilanjutkan. Jika kelanjutan proyek pembangunan TPA tersebut diteruskan diharapkan memudahkan pembungan sampah di TPA sehingga dapat difungsikan."Untuk pembayaran retribusi sampah juga meningkat sebagai amanat Perda No.9/2013," tambahnya.
Sementara itu, Aspul Anwar, dari Pokja Sanitasi Kab. Ketapang bidang infokom juga mengajak seluruh masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Hal ini penting dalam meningkatkan karakter dan budaya cinta kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Menjaga lingkungan dari bahaya sampah itu sendiri merupakan upaya paling sederhana dan mudah dilakukan untuk mewujudkan ketapang sehat.
Karakter dan budaya buang sampah pada tempatnya selama ini sudah baik dan perlu dilestarikan. Karena ini adalah cerminan sebuah bangsa, dimana masyarakat yang mulai melakukan hal kecil dari lingkungan akan berbuat lebih besar di masa yang akan datang.@

Data from:
Aspul Anwar Kasubbag Media Massa dan Penyaringan Informasi Setda Ketapang

Dituliskan oleh pengirim

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007