home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Wabup Tanam Pohon di Hutan Kota

Pengirim : andy candra
Tanggal : 15 December 2012, 1:02 am


KOTA KETAPANG -- Selain mendapatkan penghargaan juara ketiga dari Gubernur Kalbar dalam penanaman pohon, warga ketapang juga boleh bangga dengan hutan Kota. Pasalnya, Ketapang merupakan satu-satunya Kabupaten di Kalbar yang sudah mempunyai hutan kota sejak lima tahun lalu.selain itu, hutan kota juga dikunjungi sekitar 8000-an pengunjung, sebagian diantaranya kunjungan dari mancanegara.

"Seperti ditegaskan Kepala Dinas Kehutanan, sudah 8000-an kunjungan ke hutan kota, keberadaan hutan kota ini merupakan kebanggaan kita," tegas Wakil Bupati Ketapang, Boyman Harun SH.
Ia melanjutkan bahwa Pemerintah telah menetapkan setiap tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Presiden RI juga telah mengamanatkan untuk melakukan “Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon” . Gerakan tersebut merupakan gerakan nasional dan upaya nyata seluruh komponen bangsa untuk menanam pohon paling sedikit sebanyak 1 milyar pohon setiap tahun. Hal ini Konservasi keanekaragaman hayati (biodeversity), Penyerapan karbon di atmosfir untuk pencegahan dampak perubahan iklim, maupun Mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat. Hari menanam pohon indonesia. Tahun 2012 adalah “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau”sebagai perwujudan komitmen Indonesia serta program yang konsisten dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan dan konservasi lingkungan termasuk biodiversitasnya.
Sementara itu,Kepala Dinas Kehutanan ketapang, Ir. Setyo Hernowo M.Sc mengatakan hutan kota menjadi kebanggaan masyarakat Ketapang. Selain itu untuk tahun 2013 departemen kehutanan dan PT Harita merencanakan akan menanam serta merehabilitasi kawasan tersebut. Sisi lain, Dinas kehutanan juga akan me lengkapi fasilitas penyewaan sampan, karena kawasan tersebut strategis juga untuk lokasi pemancingan. Bahkan beberapa rekan rekan kehutanan siap membantu siapkan sampan kecil untuk disewa, dan mungkin hal tersebut dapat dijadikan sarana untuk salah satu objek yang bisa mendatangkan PAD bagi Kabupaten Ketapang. "Untuk tahun 2013 kita bisa merancang Peraturan Bupati ketapang untuk mendatangkan PAD dari hutan kota," kata kepala Dinas Kehutanan Ketapang, Ir.Setyo Hernowo M.Sc.
Sebelumnya ia juga menjelaskan adanya kegiatan di Hutan Kota adalah dalam rangka Hari Menanam Indonesia dan bulan menanam di Ketapang untuk tahun ke lima. Ini sesuai dengan visi nasional, yakni Hutan Kota Wujudkan Indonesia Hijau. Selain penanaman pohon mewujudkan 1 milyar pohon, yang dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ketapang. Dimana sebelumnya dilakukan upacara dilokasi yang dihadiri oleh para rimbawan Ketapang.
Momentum Bulan Menanam Ketapang ditandai juga dengan peresmian nama hutan kota teluk akar bergantung. Peresmian nama itu dilakukan istri Wakil Bupati Ketapang, Ny.Rachmiwati Boyman SH. Wakil Bupati Ketapang bersama SKPD juga meninjau lokasi hutan kota sampai ke tepian Sungai Pawan. Keasrian dengan suara nyanyian alam begitu terasa.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007