home news guestbook contact
Minggu, 18 Agustus 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Generasi Sehat, Negara Kuat

Pengirim : andy candra
Tanggal : 25 November 2012, 9:13 pm


KAMPUNG MAYA- (humas)- Generasi sehat, negara kuat. Penegasan itu dicetuskan Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si di Desa Mayak, Kecamatan Muara Pawan (25/11). "Dengan program KB, diatur jarak kelahiran anak sehingga kita bisa mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera," tegas Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si.

Jika generasi yang sehat bisa diwujudkan, maka negara akan menjadi kuat. Drs Henrikus M.si berharap masyarakat dapat ikut program KB, serta menjaga kesehatan. Terkait dengan manfaat KB, dan pelayanan kesehatan, dia meminta masyarakat bisa bertanya langsung kepada tenaga teknis yang ada di unit pelayanan.
Kehadiran Bupati Ketapang, didampingi ketua TP PKK Ketapang, serta SKPD di Desa Mayak meninjau pelayanan PKK KB Kesehatan. Ini merupakan kegiatan kesatuan Gerak PKK, KB dan Kesehatan. Tahun 2012 yang dicanangkan belum lama ini di Kecamatan Matan Hilir Utara (21/11). Pelayanan KB, penyuluhan kesehatan lingkungan, seperti kebersihan lingkungan, antisipasi DBD, sanitasi, dan lain-lain. Pelayanan di Desa Mayak tersebut, merupakan upaya mendukung Melinium Development Goals (MDGs). Ini dilakukan dengan peningkatan cakupan pelayanan berkwalitas pada program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, KB dan kesehatan.
Pelayanan PKK, KB Kesehatan di Desa Mayak dihadiri jajaran Muspika Muara Pawan seperti, camat, Danramil, dan Kapolsek.Menurut Ketua TP PKK Ketapang, Ny.Riniwati Henrikus bahwa sasaran langsung dari kegiatan ini adalah tim pelaksana kesatuan gerak PKK KB Kesehatan di setiap tingkatan wilayah khususnya di desa dan kelurahan.
Sasaran tidak langsung seperti keluarga atau rumah tangga, para pengelola, petugas bidang KB, petugas kesehatan dan kader di setiap tingkatan wilayah. Ruang lingkup bidang kesehatan diantaranya pencegahan dan pemberantasan penyakit. Seperti DBD, malarian filarisis, rabies, antraks, cikungunya, diare, TB paru, isfa, HIV/AIDS, flu burung, SARS. "Kegiatan ini juga dilakukan imunisasi. Tak kalah penting adalah upaya peningkatan gizi, kesehatan ibu dan anak, promosi kesehatan/pemberdayaan masyarakat, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga.posyandu, revitalisasi posyandu serta penyuluhan-penyuluhan," papar Ny.Riniwati Henrikus, Ketua TP PKK Ketapang.
Ada pun penyuluhan yang akan dilakukan diantaranya; kesehatan lingkungan, gizi, PHBS, KIA, narkoba, KB dan penyuluhan KB bagi remaja.Secara terpisah, Syahran, koordinator Humas PKK menjelaskan pentingnya pembinaan dan peningkatan kemandirian keluarga berencana. Hal tersebut diarahkan diarahkan dengan meningkatkan kwalitas dan kwantitas pembinaan kemandirian pelayanan KB, peningkatan kwalitas kesehatan produksi, pembinaan keluarga sehat dan pemberdayaan keluarga. "Termasuk advokasi, penggerakan dan informasi seperti peningkatan KIE pengendalian penduduk dan KB, Peningkatan kemitraan dengan lintas sektor pemerintah, swasta dan pemerintah daerah serta pembinaan lini lapangan," ucap Syahran.@ (Andy Candra)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007